8 Hal Yang Berbeda OPSPEK MDP Dengan Kampus Lain

    8 Hal yang berbeda OPSPEK MDP dengan Kampus Lain

    8 Hal yang berbeda OPSPEK MDP dengan Kampus Lain

    Sebagai lulusan SMA yang memilih untuk melanjutkan pendidikan tingkat perkuliahan akan menghadapi masa orientasi pengenalan kampus, tak terkecuali Kampus MDP juga menyelenggarakan “event tahunan” ini untuk menyambut Mahasiswa baru (Maba). Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus (OPSPEK) sering menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa baru, namun hal tersebut tidak belaku di Kampus MDP karena Kampus yang berada di jalan Rajawali ini menyusun konsep acara yang bertemakan WECAN 2018 yakni singkatan dari Week of Creativity and Innovation 2018. Kira-kira apa saja yang berbeda dari OPSPEK MDP dengan kampus lain? Yuk kita intip seru nya WECAN 2018.

    1. 1. OPSPEK Nyaman

      Umumnya yang dibenak kita, OPSEK adalah suatu kegiatan yang dilakukan dilapangan terbuka dengan kostum yang “nyeleneh” serta identik dengan perpeloncoan. Di kampus MDP hal tersebut tidak berlaku, mahasiswa baru melakukan kegiatan wecan di aula kampus dengan kodisi nyaman, full ac, bermacam kegiatan dengan penuh keakraban. Selama penyelenggaraan dimulai dari 3 – 7 September 2018, kostum yang dipakai pun menyesuaikan hari misalnya pakaian kemeja putih yang dilengkapi dasi dan celana dasar untuk hari Senin dan Rabu, sedangkan hari Selasa dan Kamis mahasiwa baru disediakan kostum berupa kaos seragam, dan di hari terakhir yakni hari Jumat mahasiswa baru dipersilakan memakai batik. Selain kostum yang dipilih untuk membuat tampilan maba menarik, panitia juga membolehkan khususnya maba putri untuk berhias menggunakan make up sewajarnya hal ini untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri setiap maba dengan penampilannya. Rasa nyaman selanjutnya yakni Kampus MDP menginstruksikan seluruh panitia memberikan pelayanan terbaik, ramah dan melarang keras panitia untuk melakukan perpeloncoan/tindak kekerasan, bagi yang ketahuan melakukan hal tersebut pihak kampus akan memberikan sanksi tegas.

       

       

    2. 2. Konsep acara yang membangun

      Panitia Wecan 2018 telah mempersiapkan kegiatan OPSPEK beberapa bulan sebelumnya dengan merencanakan kegiatan yang bermanfaat bagi maba sebagai pembekalan awal sehingga diharapkan mampu memberi wawasan yang luas dan kesiapan yang matang diranah perkuliahan. Adapun beberapa kegiatan tersebut terdiri dari Seminar Motivasi dimulai dari pendidikan karakter anti narkoba yang dikomandoi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel, Seminar Nationanl Insight dari Kesatuan Bangsa dan Politik, Seminar Aspire to Inspire, Seminar Startup yang menghadirkan startup sukses di Kota Plembang, Seminar Generasi Investasi, Seminar ALL THAT WE ARE oleh Ketua MDP, dan Tips Sukses dalam karir serta Seminar Manajamen Pengarsipan.

       

    3. 3. Berburu Foto Selfie

      Selain komunikasi yang disampaikan langsung melalui seminar dan tanya jawab, Maba juga dihadirkan konsep membangun komunikasi dengan cara berburu foto selfie, dalam kegiatan ini Maba dibebaskan untuk berkenalan baik dengan panitia, dosen dan staf MDP dengan bertukar kartu nama dan foto selfie. Jika sebelumnya pada opspek MDP adalah berburu tanda tangan, sudah dua tahun terakhir ini konsep tersebut diubah menjadi konsep berburu foto selfie.

       

       

    4. 4. Idea Competition

      Tema Week of Creative and Innovation adalah penekanan kepada kesiapan Maba untuk selalu berjiwa kreatif dan berpikir inovatif karena derasnya tantangan global, maka alasan hal inilah mahasiswa mulai didorong sejak mereka menginjak bangku kuliah dan bahkan pada masa orientasi. Pada Wecan 2018 mengusung kegiatan Idea Competition dimana pada kelompok Maba diwajibkan berdiskusi dan berpikir untuk mengahadirkan ide-ide positif yang kreatif serta inovatif, tentunya dalam kopetisi ide seperti ini panitia akan meberikan penghargaan dan hadiah bagi kelompok yang dinyatakan terbaik oleh juri.

       

    5. 5. Show Student Talent

      Di dalam bangku kuliah tentunya kegiatan akademik juga beriringan dengan kegaiatan non akademik, melalui sarana yang menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, Kampus MDP menyadari hal tersebut dengan memberikan fasilitas lengkap untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan bakat dan minat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dimana setiap UKM telah disiapkan mentor atau pelatih serta organisasi yang jelas, karena bagi mahasiswa yang mampu mengharumkan nama baik kampus dalam ajang perlombaan akan dihadiahkan beasiswa. Adapun kategori UKM terdiri dari Penalaran seperti MDP Incubator Center bidang teknologi dan bisnis, Kewirausahaan, Jurnalistik, Public Speaking kemudian Bidang Olahraga teridir dari MDP Fighter (MMA), Futsal, Basket, Badminton, Polo air. Jika mahasiswa tertarik dibidang kesenian ada juga UKM Tari, Paduan suara, Marching Band, Photography dan terakhir bidang kerohanian berdasarkan agama seperti Lembaga Dakwah Kampus(LDK), Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Muda-mudi Katolik (M2K), dan Persatuan Mahasiswa Budhis (PERMADHIS).

       

       

    6. 6. Permainan ( Team Building )

      Selain konsep acara yang membangun karakter dan menambah wawasan, Maba juga disuguhkan permain-permainan yang bertujuan untuk memperat keakraban, dan solidaritas. Masing-masing kelompok Maba akan dipertandingkan dalam games seru yang setiap sesinya Maba harus mengumpulkan poin untuk menjadi kelompok terbaik yang akan diumumkan diakhir acara bersamaan pengumuman Kakak Terbaik, Tercantik, Terfavorit dan lain-lain.

       

       

    7. 7. Bazaar Tebus Murah

      Hal yang paling unik dari rangkaian OPSPEK WECAN 2018 kali ini yakni pada poin berikut, yakni Bazaar Tebus Murah bagi warga yang kurang mampu disekitar Kampus MDP berhak mendapatkan kupon tebus murah. Dengan menukarkan uang senilai Rp. 20.000 per kupon berhak mendapatkan sembako anatara lain beras, minyak goreng, makanan kaleng, tepung terigu, susu dan mie.Bakti Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

       

    8. 8. Bakti Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

      Dana yang terkumpul dari tebus murah kemudian akan disalurkan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat sekitar kampus MDP yakni dengan membelikan puluhan tong sampah, bibit tanaman dan cat. Hal ini dilakukan untuk kebersihan warga dan pengcatan jembatan warga yang telah usang. (#EAW)

Back to Top