Kuliah Umum Kebanksentralan Dan Sosialisasi Statistik Bank Indonesia

    Kuliah Umum Kebanksentralan dan Sosialisasi Statistik Bank Indonesia

    Dalam rangka mensosialisasikan aktifitas Bank Sentral Indonesia kepada masyarakat khususnya adalah mahasiswa, Bank Indonesia bekerjasama dengan Kampus MDP mengadakan Kuliah Umum Kebanksenrtalan dan Sosialisasi penggunaan data statistik Bank Indonesia. Acara yang di ikuti oleh lebih 400 orang Mahasiswa dan dosen MDP ini berlangsung pada tanggal 29 November 2018 bertempat di Aula MDP.
     
    Dalam kegiatan ini hadir Bpk. Wahyu Yuwana, selaku Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Ibu Dhina Prasetya Wardhani dan Ibu Nur Aini Rosanti dari Departemen Statistik Bank Indonesia Jakartar. Sementara itu mewakili kampus MDP hadir para Pembantu Ketua di Lingkungan STIE MDP dan STMIK GI MDP. Acara yang dikemas dalam bentuk paparan materi dan diskusi ini memberikan pemahaman kepada peserta terhadap peran dari Bank Indonesia selaku Bank Sentral.
     
    Pada sambutannya, Bpk DR. Yulizar Kasih yang mewakili Kampus MDP mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia yang selama ini telah melibatkan kampus menjadi mitra dalam survey yang di adakan oleh Bank Indonesia. Selain itu, pihak Bank Indonesia juga sering mengundang Dosen dan Mahasiswa MDP untuk mengikuti kajian-kajian maupun diskusi yang terkait dengan isu-isu moneter. Kedepannya kampus MDP dapat lebih berperan dan terlibat lebih banyak lagi dengan aktifitas Bank Indonesia terutama dalam pengembangan wirausah, karena Bank Indonesia sendiri memiliki mitra binaan dalam pengembangan UMKM yang ada.
     
    Dalam pemaparan Perwakilan Bank Indonesia menyebutkan terkadang masyarakat masih belum memahami peran dan fungsi Bank Sentral. Masih ada saja yang menganggap Bank Indonesia itu sama dengan Bank Umum lainnya seperti BNI, Mandiri, BCA maupun Bank-bank lainnya. Selain itu, banyak juga kebijakan dan aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah melalui Bank Indonesia masih belum di mengerti dan di pahami, sehingga masih sulit dalam mengimplementasikannya. Sementara itu, dalam paparannya perwakilan dari Departemen Statistik Bank Indonesia menyatakan bahwa banyak sekali data yang dapat dimanfaatkan mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian dan bebas untuk di akses.  
     
    Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pemahaman Civitas Akademika MDP semakin meningkat terhadap Bank Sentral dan permasalahan moneter serta dapat memanfaatkan akses informasi yang disediakan oleh Bank Sentral untuk penelitian di kampus. (121074)

Back to Top