MDP Business Talk “Tren Dompet Digital 2019”

    MDP Business Talk “Tren Dompet Digital 2019”

    Berkembangnya teknologi informasi saat ini telah mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Teknologi yang ada juga membantu UMKM untuk mengelola usaha tidak hanya dari sisi operasional tetapi juga pelayanan konsumen. Salah satu teknologi yang membantu UMKM dalam transaksi pembayaran adalah dengan menggunakan metode pembayaran tanpa uang tunai atau dikenal dengan istilah “Cashless”. Metode pembayaran ini juga dinilai membantu konsumen dalam mempermudah proses pembayaran dengan tidak menggunakan uang tunai. Berbagai bentuk promo yang dikeluarkan oleh perusahaan perbankan pun menarik minat konsumen untuk terus menggunakan layanan ini.
     
    STMIK GI MDP, AMIK MDP, dan STIE MDP setiap bulannya mengadakan kegiatan MDP Business Talk guna memberikan edukasi dan informasi yang bermanfaat bagi pelaku UMKM yang berada di Kota Palembang. Kegiatan MDP Business Talk kali ini mengangkat tema tentang “Tren Dompet Digital 2019”. Adapun pembicara dalam kegiatan kali ini yaitu berasal dari Telkomsel, Bank Mandiri Region 2, dan Dosen MDP dengan jumlah peserta kurang lebih 400 orang dari pelaku UMKM di Kota Palembang, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan masyarakat umum.
     
    Hadir sebagai pembicara pertama, Ibu Fransiska Prihatini Sihotang sebagai dosen MDP membahas materi mengenai Pembayaran Digital. Pembayaran Digital merupakan cara pembayaran dengan menggunakan media elektronik. Instrumen pembayaran digital yang banyak digunakan saat ini antara lain kartu debit, kartu kredit, virtual account, serta E-Money. Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan media pembayaran digital yaitu kemudahan dan kenyamanan yang diberikan serta keamanan yang ditawarkan. Penggunaan jasa pembayaran digital yang beragam ini telah menjadi pilihan masyarakat
     
    Dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu Bapak Teguh Susetyo selaku Head of Broadband and Digital Sales Telkomsel Wilayah Sumsel membahas tentang “Innovating Fintech Payment for Indonesia”. Beliau menuturkan bahwa Telkomsel sudah memiliki distribution channel yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah memiliki T-Cash dan E-Money. Saat ini melalui T-Cash Wallet masyarakat dapat melakukan pembayaran Online maupun Offline dengan perangkat Mobile didukung dengan sekitar 75.000 merchant di seluruh Indonesia serta Bang T-Cash (Layanan Keuangan Mikro) yang telah memiliki total 20.000 merchant yang juga tersebar di seluruh Indonesia.
     
    Pembicara Ketiga yaitu Bapak Brian Agung Nugroho selaku Vice President PT Bank Mandiri Region 2 membahas tentang penggunaan E-Wallet di Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa saat ini penggunaan E-Cash (produk E-Wallet dari Bank Mandiri) telah memiliki beragam fitur untuk mendukung nasabah Bank Mandiri melakukan berbagai proses pembayaran hanya dengan menggunakan Handphone.
     
    Dalam kegiatan talkshow, dibahas pula mengenai keamanan dari penggunaan jasa pembayaran digital. Bentuk keamanan yang diberikan dari provider pun beragam antara lain dengan adanya notifikasi melalui email dan melalui sms yang dikirimkan ke nomor handphonr yang didaftarkan sebelumnya. Dalam penggunaan T-Cash misalnya, semua otorisasi pembayaran dilakukan dengan menggunakan pin yang hanya diketahui oleh pengguna.
     
    Selain kegiatan Talkshow, sesi tanya jawab juga diberikan bagi peserta yang ingin menanyakan beberapa hal terkait dengan penggunaan jasa pembayaran digital di Indonesia. Kegiatan MDP Business Talk ini akan terus dilakukan setiap bulannya dengan beragam topik menarik baik dari segi Ekonomi maupun Teknologi.

Back to Top