PEMBINAAN UMKM PENGRAJIN KAIN TENUN TAJUNG DI KELURAHAN TUAN KENTANG KECAMATAN SEBERANG ULU I KOTA PALEMBANG

    PEMBINAAN UMKM PENGRAJIN KAIN TENUN TAJUNG DI KELURAHAN TUAN KENTANG KECAMATAN SEBERANG ULU I KOTA PALEMBANG

    Usaha Kerajinan Tenun Karya Jaya

                Sebagai salah satu bentuk kewajiban dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, setiap dosen wajib melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Guna memenuhi kewajiban tersebut dua orang dosen Program Studi Manajemen STIE MDP yaitu Kardinal, S.E. MM dan Dr. Yulizar Kasih, S.E., M.Si telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pembinaan  dan pemberdayaan UMKM di Kota Palembang. Dalam kesempatan ini kedua dosen membina dan memberdayakan dua pelaku usaha dibidang industri kerajinan yaitu Industri Kerajinan Kain Tenun Tajung “Usaha Kerajinan Tenun Karya Jaya” yang dijalankan oleh Bapak Syarifuddin dan “Usaha Kerajinan Tenun Rozzaaq Jaya” yang berlokasi di Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. Kegiatan ini dibiayai sepenuhnya oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, DRPM Kemenristek Dikti melalui Program Hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2018.

                Kegiatan pembinaan dan pemberdayaan dilaksanakan selama hampir 5 bulan, sejak bulan awal Mei sampai Agustus 2018. Fokus pembinaan dan pemberdayaan terhadap kedua pelaku usaha adalah rendahnya kapasitas produksi sehingga berimbas pada rendahnya omset penjualan, belum maksimalnya strategi pemasaran dan promosi usaha, belum dimanfaatkannya sistem pemasaran online (online marketing), belum dilakukannya pencatatan usaha dan laporan keuangan usaha, masih tergantung pada modal sendiri dan belum memahami berbagai sumber permodalan eksternal. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra diberikan beberapa pelatihan yaitu pelatihan strategi pemasaran dan promosi usaha, pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran  online, pelatihan sumber permodalan dan proposal kredit, serta mitra juga diberikan bantuan pengadaan alat tenun bukan mesin (ATBM) yang baru untuk mengganti ATBM lama yang usianya sudah relatif tua, serta pengadaan media promosi baik offline (papan nama usaha dan kartu nama) maupun online (facebook dan instagram).

    UMKM Kain Tenun UMKM Kain Tenun

    UMKM Kain Tenun UMKM Kain Tenun

    Dari hasil monitoring dan evaluasi, kegiatan pembinaan dan pemberdayaan tersebut  mampu memberikan dampak positif terhadap eksistensi usaha mitra pada saat ini, serta perkembangan dan kemandirian usaha mitra pada masa yang akan datang. Dalam kaitan ini, dampak positif yang dirasakan oleh kedua mitra dalam kegiatan ini antara lain :  kedua mitra dapat meningkatkan kapasitas produksi dan omset penjualan berkisar 35-40% dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai pemasaran, promosi usaha, dan alternatif sumber permodalan. Kedua mitra saat ini telah memiliki media promosi dalam bentuk papan nama usaha, kartu nama, facebook, dan instagram.  

     

Back to Top