STIE MDP Jalin Kerjasama Dengan IBS Dan Universitas Maranatha

    STIE MDP Jalin Kerjasama dengan IBS dan Universitas Maranatha

    STIE MDP Jalin Kerjasama dengan IBS dan Universitas Maranatha

    Dalam rangka meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi dalam hal Tri Dharma (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), STIE MDP pada tanggal 2 dan 4 April yang lalu melakukan kunjungan ke dua Perguruan Tinggi di Jakarta dan Bandung. Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya STIE MDP untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran dan memperluas kerjasama agar civitas akademika STIE MDP dapat terus berkembang.

    Pada kunjungan ke STIE Indonesia Banking School (IBS), tim STIE MDP di terima langsung oleh Ketua STIE IBS beserta jajarannya yang terdiri dari Wakil Ketua Bidang Akademik, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, para Kepala Program Studi, kepala P3M dan beberapa dosen IBS. Dalam sambutannya, ketua IBS menyambut positif kunjungan STIE MDP yang salah satu agendanya adalah penandatanganan Surat Kesepahaman baik pada tingkat institusi maupun di tingkat program studi. Dikatakan bahwa melalui kerjasama ini, maka kedua belah pihak dapat saling belajar dan melengkapi satu sama lainnya. Sebagai informasi,  IBS sendiri sekolah tinggi yang mengkhususkan untuk menghasilkan lulusan dengan memiliki kompetensi di bidang perbankan. Kampus yang didirikan pada tahun 2004 ini telah banyak meluluskan alumni yang saat ini tersebar di bank umum maupun di Bank Sentral di seluruh Indonesia. STIE MDP sendiri dalam kunjungan ini di pimpin oleh Wakil Ketua Bidang Akademi yaitu Bapak Dr. Yulizar Kasih serta didampingi Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan serta juga Ketua Program Studi Manajemen. Dalam sambutan balasannya, Bapak Dr. Yulizar Kasih menyatakan bahwa tujuan kunjungan ini bagi STIE MDP adalah sebagai media pembelajaran dalam banyak hal, mulai dari kegiatan mahasiswa, akademik dan juga proses belajar dan mengajar yang ada di Indonesia Banking School. Melalui penandatanganan kesepahaman, maka civitas akademika kedua perguruan tinggi ini akan dalam berkolaborasi dalam Tri Dharma, seperti mengadakan kuliah umum yang mengundang dosen keduabelah pihak untuk menjadi pembicaranya, bertukar tulisan ilmiah yang dapat di muat pada jurnal kedua pihak serta kegiatan ilmiah lainnya seperti seminar dan lainnya.

    Pada kesempatan lainnya, rombongan Kampus STIE MDP juga mengunjungi Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha Bandung. Universitas Maranatha ini sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi yang sudah cukup lama berdiri dan memiliki prestasi yang cukup banyak. Pada kunjungan ke Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha ini, rombongan STIE MDP di terima Wakil Dekan I beserta jajarannya. Pada acara ini, kedua belah pihak bersepakat untuk bekerjasama di bidang Pengajaran, Penelitian dan juga Pengabdian Kepada Masyarakat. Kedua kampus juga bersepakat untuk dapat saling mengisi tulisan ilmiah di jurnal masing-masing. Selain dilakukan penandatanganan kesepahaman, juga dilakukan sharing matakuliah kewirausahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha sendiri telah banyak mencetak para wirausaha muda melalui program pengembangan kewirausahaan semasa mahasiswa masih kuliah. Dalam penjelasannya, dosen koordinator mata kuliah kewirausahaan menjelaskan bahwa pengembangan kewirausahaan di kampus Maranatha di lakukan oleh kelompok dosen yang mendampingi secara intens mulai dari konsep produk, jalur distribusi, pemasaran serta aspek lainnya. Selain itu, para alumni Maranatha yang telah memiliki usaha juga diundang kembali untuk memberikan pengalaman dalam menjalankan usahanya, sehingga para calon wirausaha dapat menggali dan belajar dari pengalaman para seniornya.

    Bagi STIE MDP sendiri, kunjungan ke kedua kampus ini selain menjalin kerjasama melalui penandatanganan kesepahaman juga memberikan pengalaman yang berharga bagi civitas akademikan STIE MDP. Banyak kegiatan dan program yang dapat di contoh dari kedua kampus yang di kunjungi serta hal-hal lain yang dapat dikembangkan oleh STIE MDP. Hal ini dilakukan semata-mata untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan yang terus menerus, sehingga kiprah STIE MDP di masyarakat dapat terus meningkat dan memberikan dampak yang positif. (121074)

    STIE MDP Jalin Kerjasama dengan IBS dan Universitas MaranathaSTIE MDP Jalin Kerjasama dengan IBS dan Universitas Maranatha

Back to Top