7 Habits Di MPLS Methodist II Palembang

    7 Habits di MPLS Methodist II Palembang

    Salah satu proses yang harus dilalui oleh pelajar yang baru masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada kegiatan MPLS ini siswa-siswi akan dibekali dengan berbagai informasi, pengetahuan dan motivasi, sehingga dalam proses belajar nantinya dapat lebih baik dan berjalan lancar.
    SMA Methodist II Palembang sebagai salah satu sekolah yang memiliki kegiatan MPLS, pada tahun ini kembali mengundang Tim 7 Habits MDP untuk berbagi dan memotivasi para pelajar. Acara yang dilaksanakan pada 16 Juli 2018 yang lalu ini berlangsung secara meriah dan disambut antusias oleh siswa-siswi yang mengikuti MPLS tahun ini. Konsep 7 Habits dikembangkan oleh Stephen Covey melalui bukunya The7 Habits of Highly Effective People. Pada awalnya, konsep 7 Habits ini diciptakan hanya untuk kepentingan untuk memotivasi karyawan saja, namun dalam perkembangannya peruntukan 7 Habits dapat digunakan untuk orang tua, pelajar atau remaja bahkan anak-anak. Saat ini, sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan, tujuh kebiasaan ini telah bertambah menjadi delapan kebiasaan yang dapat membantu hidup menjadi lebih efektif.
    Terkait dengan penerapan konsep 7 Habits di kalangan siswa-siswi SMA ini maka diharapkan nantinya jika siswa-siswi peserta MPLS dapat menerapkan konsep yang diberikan, maka para pelajar dapat menghadapi masa-masa sekolah dengan lebih baik lagi. Dalam konsep 7 habits terdiri dari: (1) Be proactive, yang mengajarkan bahwa sebagai siswa harus proaktif dalam mencari pengetahuan dan informasi; (2) Begin with the end in mind, mengajarkan bahwa sebagai siswa harus memiliki tujuan yang jelas dalam hidup, atau memiliki perencanaan baik jangka pendek maupun panjang; (3) PutFirst Things First, dalam kehidupan sehari-hari dan di sekolah seorang pelajar harus memiliki skala prioritas; (4) Think Win – Win, konsep ini mengajarkan bahwa pelajar harus memikirkan kepentingan siswa lainnya dan tidak egois, (5) Seek first to understand, then to be understood mengajarkan bahwa kita harus menghargai pendapat dan kepentingan orang lainnya dan tidak boleh egois; (6) Synergize, sebagai mahluk sosial, maka para siswa-siswi harus mampu bekerjasama dengan sesama pelajar terutama dalam kegiatan yang melibatkan kelompok, dan habits yang terakhir adalah (7) Sharpen the Saw, bahwa setiap siswa-siswi harus terus melatih kemampuan sehingga keahlian yang mereka miliki dapat terus ditingkatkan dan lebih baik lagi. Diharapkan dengan menerapkan tujuh kebiasaan ini, maka para siswa-siswi dapat lebih mudah dan lancar lagi dalam mengikuti pendidikannya di SMA.
    Acara sharing 7 habits ini juga diisi dengan beberapa permainan oleh Tim MDP, yang mengajak para siswa-siswi untuk berperan aktif dalam acara ini. Bagi MDP sendiri acara semacam ini dapat dijadikan sebagai bentuk peran serta kampus dalam meningkatkan kualitas pendidikan sejak dibangku sekolah. (120174)

Back to Top