Akuntansi (S1)

Program Studi Akuntansi memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana mengembangkan pengetahuan dan keahlian dalam upaya mencapai efisiensi, produktifitas dan keuntungan hasil operasi perusahaan. Dengan bertambah kompleksnya lingkungan bisnis dan pasar keuangan saat ini telah memposisikan profesi akuntan menjadi sangat penting dalam hal menyajikan informasi keuangan yang akurat, transparan, mudah dipahami serta dapat memberikan saran yang tepat kepada manager dan investor.

Didukung dengan kurikulum yang up to date, proses pengembangan diri mahasiswa dengan peningkatan keahlian Manajerial akan membuat mahasiswa MDP menjadi daya tarik yang kuat dari perusahaan. Membentuk profil lulusan sebagai spesialis perpajakan, dan spesialis Analis Laporan Keuangan

VISI

Menjadi Program Studi Akuntansi yang berdaya saing global, berorientasi inovasi dan berbasis teknologi informasi tahun 2040

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif dan berkualitas agar mahasiswa siap memasuki dunia kerja dan bisnis baik skala nasional maupun internasional.
  2. Melakukan penelitian dan publikasi secara terprogram dan teratur dalam bidang ilmu akuntansi dan perpajakan serta kontribusinya bagi pengembangan ekonomi masyarakat. Buku Pedoman Akademik Universitas Multi Data Palembang Tahun Akademik 2020/2021
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu akuntansi dan perpajakan sebagai bentuk kontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat.
  4. Melaksanakan pengembangan pendidikan dan profesi dosen dan tenaga kependidikan di tingkat program studi. v. Membangun kerjasama dalam bidang tri darma perguruan tinggi di tingkat program studi.
  5. Melaksanakan tata kelola yang baik dan penjaminan mutu terpadu ditingkat program studi.
Profil Lulusan

Program studi akuntansi bertujuan untuk menyiapkan tenaga profesional di bidang akuntansi sebagai upaya kontribusi nyata lembaga terhadap permintaan tenaga profesional bidang akuntansi yang memanfaatkan IT untuk mendukung berbagai bidang di dunia bisnis.
Program studi akuntansi memiliki 3 bidang konsentrasi, yaitu :

  1. Pemeriksaan Akuntansi, dengan mata kuliah yang harus diambil meliputi : Audit Sistem Informasi (3 sks), Pemeriksaan Keuangan Pemerintah (3 sks) dan E-Government (3 sks).
  2. Perpajakan, dengan mata kuliah yang harus diambil meliputi : Perpajakan Lanjutan (3 sks), Akuntansi Pajak (3 sks) dan Aplikasi Sistem Perpajakan Indonesia (3 sks).
  3. Sistem Sistem Akuntansi, dengan mata kuliah yang harus diambil meliputi : Pengantar Sistem database (3sks), Analisis dan Perancangan SIA (3 sks) dan Akuntansi IT dan Solusi Bisnis (3 sks).

Program studi akuntansi membekali lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :

  1. Menguasai pengetahuan dasar teori dan aplikasi akuntansi berbasis IT.
  2. Mampu memecahkan permasalahan akuntansi dengan pemanfaatan IT.
  3. Mampu melakukan analisis laporan keuangan dan prediksi kinerja keuangan perusahaan.
  4. Mampu menggunakan dan melakukan analisis kuantitatif dalam bidang riset akuntansi.
  5. Menguasai pengetahuan dasar perpajakan.

Peluang karir bagi lulusan program studi akuntansi antara lain :

  1. Manajer Keuangan (merencanakan, mengorganisir, dan mengawasi keuangan perusahaan);
  2. Konsultan Akuntansi & Pajak (riset akuntansi, sistem akuntansi, penyusunan laporan pajak, kelayakan bisnis, analis keuangan);
  3. Wirausahawan;
  4. Instruktur Pelatihan Bidang Akuntansi berbasis IT;
  5. dan Auditor Internal.
id_IDBahasa Indonesia