Belajar Optimal Online dengan Google Apps Fakultas Teknik Universitas Tridinanti

Dengan masih berlangsungnya Pandemi COVID-19 Kegiatan belajar mengajar jarak jauh masih tetap dilaksanakan dalam proses perkuliahan. Dalam proses perkuliahan, dosen kadang mengalami kesulitan untuk mengumpulkan tugas mahasiswa maupun untuk mengadakan kuis. Kemudian media conference semacam Zoom kadang masih ada kekurangannya dalam pelaksanaannya.

Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dalam bentuk Pelatihan Pemanfaatan Google Apps yaitu Google Form dan Google Meet Untuk Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar pada Dosen-dosen Fakultas Teknik Sipil Universitas Tridinanti. Kegiatan dilakukan oleh 2 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri atas 3 orang Dosen yaitu Ir. Rusbandi, M.Eng., Ir. Rizani Teguh, M.T., Ir. Sudiadi, M.M.A.E., Dien Novita, S.Si., M.T.I., Mardiani, S.Si., M.T.I., dan Yulistia, S,Kom., M.T.I.

Pengabdian dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 1 Aprll 2021 di Lab 202 STMIK GI MDP Palembang. Materi dimulai dari membuat email google untuk yang belum mempunyai email google, kemudian bagaimana membuat form untuk soal, cara memasukkan gambar pada soal, membuat soal essai, membuat soal pilihan ganda sampai dengan cara penilaian terhadap jawaban dari siswa yang dikirim. Sementara untuk google meet diperlihatkan fitur-fitur yang berbeda dari penggunaan zoom.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat dimanfaatkan dalam proses perkuliahan dan memberikan pilihan agar Dosen-dosen lebih kreatif dan lebih mempunyai banyak ide dalam menjalankan tugasnya sebagai dosen.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via