Dosen Universitas MDP Melakukan Pelatihan Pengabdian Accses Point dan Google Apps

Era digital dan komunikasi menjadi sangat penting. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi adalah memberikan Pengabdian dan Penelitian kepada Masyarakat yang merupakan salah satu isi Tri Dharma Perguruan Tinggi . Universitas MDP mengutus Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa(FIKR) sebagai Tim Pengabdian pada masayarakat untuk memberikan pengabdian berupa pelatihan bagi staf dan pegawai di Kecamatan Semendawai Timur, Kabupaten OKU Timur.

Dalam kegiatan tersebut Bapak Drs. H. A. Sholehan, MM. selaku Camat memberikan apresiasi yang baik kepada Tim pengabdian. Pada kesempatan kali ini, Tim Pengabdian dari Universitas MDP, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa (FIKR) memberikan pelatihan tentang Google Apps dan Access point, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya staf dan pegawai di lingkungan kecamatan tentang teknologi Access Point dan Google Apps. Selain itu ingin memotivasi peserta menggunakan teknologi informasi yang berhubungan dengan pekerjaan mereka dalam memanfaatkan Google Apps dan Access point, sehingga tercapainya efisiensi kerja dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Tim Pegabdian kali ini terdiri dari Dosen FIKR yakni narasumber Google Apps Fransiska Sihotang, S.SI.,M.T.I, Daniel Udjulawa, S.Kom., M.T.I dan Ery Hartati, S.Kom., M.Kom, sedangkan untuk narasumber Access Point Dr. Abdul Rahman, S.Si., M.T.I, Inayatullah, S.Kom., M.Si dan Mulyati, SE., M.T.I. Pada pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu Sesi pertama berisi materi Pengantar Google Apps yang menjelaskan tentang berbagai aplikasi yang disediakan oleh Google, seperti Gmail, Google Drive, Google Docs, Kolaborasi Online Cara menggunakan Google Apps untuk bekerja secara kolaboratif, berbagi dokumen, dan bekerja dalam tim, serta Keamanan dan Privasi nya, bagaimana membangun Tips dan trik untuk menjaga keamanan dan privasi data saat menggunakan Google Apps.

Pada materi tentang Accses Point dengan materi Penjelasan mengenai apa itu access point, fungsinya, bagaimana cara kerjanya, Instalasi dan Konfigurasinya serta Troubleshooting untuk mengatasi permasalahan identifikasi dan memperbaiki masalah umum yang sering terjadi dengan sinyal. Selain itu pada materi access point tersebut juga dibahas tentang manajemen Jaringan Access Point, mengelola jaringan guna memastikan koneksi yang stabil dan aman. Pelatihan dilakukan dengan metode gabungan antara teori dan praktik. Para peserta diberikan penjelasan teori di awal sesi, kemudian langsung melakukan praktik dengan bimbingan dari para instruktur. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi, sehingga mereka bisa memahami materi dengan lebih baik. Diharapkan peserta dapat Memahami konsep dasar dari Aplikasi di Google Apps dan bagaimana manajemen access point untuk memperluas jangkauan sinyal. Selain itu harapannya mereka menggunakan Google Apps secara efektif untuk berbagai keperluan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pekerjaan mereka melalui pemanfaatan teknologi informasi.Pelatihan pengabdian ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberdayakan masyarakat di kecamatan Semendawai OKU Timur dengan pengetahuan dan keterampilan teknologi. Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi tantangan di era digital dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan adanya Pelatihan ini, diharapkan akan muncul Inisiatif serupa di masa depan yang dapat memberikan dampak Positif bagi masyarakat luas. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan Berpartisipasi dalam Pelatihan ini. Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a comment

id_IDBahasa Indonesia