Informatic Festival 1.0: Technology for a Better Life

Dalam rangka memenuhi program kerja di era pandemi COVID-19, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) MDP menyelenggarakan serangkaian kegiatan “Informatic Festival 1.0” dengan mengangkat tema “Technology for Better Life”.
Kegiatan ini dibuka dengan Technology Class I dengan tema “Internet Marketing Intro” pada Kamis, 26 November 2020. Webinar yang dipandu oleh Bapak Eko Kurniadi sebagai pembicara dan Bapak M. Rizky Pribadi, M. Kom sebagai moderator ini berlangsung dari pukul 19.30 WIB dan disiarkan secara live melalui google meet dan Instagram live.

Technology Class II yang diadakan pada 14 Desember 2020 mengangkat tema “Internet of Things for Better Life”. Webinar ini diisi oleh pembicara Eka Puji Widiyanto, S.T., M.Kom. dan Abdul Rahman, S.Si., M.T.I. selaku Dosen STMIK Global Informatika Multi Data Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui live youtube dan google meet.

Adapun rangkaian kegiatan dari Informatic Festival selain webinar, ada juga beberapa cabang kompetisi. Di antaranya UI/UX Competition, Programming Competition, dan Mobile Legends (E-sport) Competition.
Dimulai dengan UI/UX Competition yang mengangkat tema “Teknologi Penunjang Perekonomian dalam Masa Pandemi hingga Pasca Pandemi Covid- 19”, dilaksanakan dalam 3 babak, babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak Penyisihan dibuka sejak tanggal 23 November – 07 Desember 2020 dimana para peserta mengumpulkan proposal rancangan desain bersamaan dengan mengisi form pendaftaran.

Dari penilaian tim juri yang terdiri dari Bapak Ahmad Farisi, M.Kom., Bapak Dorie P. Kesuma, S.Kom., M.T.I., dan Bapak Hafiz Irsyad, M.Kom., dari 10 tim, sebanyak 7 tim berhasil lolos ke babak berikutnya. Dan di babak semifinal, tim yang lolos diwajibkan mengirimkan video hasil karya. Setelah ditinjau oleh juri, sebanyak 4 tim lolos ke babak final, di mana pada babak tersebut, keempat tim akan melakukan presentasi yang disertai high-fidelity prototype karya di hadapan para dewan juri via google meet.

Programming Competition di mana setiap tim diberikan 10 permasalahan yang harus dipecahkan dengan menggunakan bahasa-bahasa pemrograman yang disediakan, yaitu java, c, c++, dan python. Kompetisi ini dilaksanakan dalam satu babak pada tanggal 13 Januari 2021 melalui platform hackerrank. Dengan bimbingan mentor dari Bapak Yohannes, M.Kom dan Ibu Siska Devella, M.Kom, kompetisi ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan 2 tim sebagai juara.

Mobile Legend Competition dilaksanakan dalam 3 babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Setiap pertandingan berada di bawah pengawasan panitia guna menghindari tindak kecurangan dan sebagainya. Babak penyisihan dilakukan dengan BO3 dari tanggal 5-6 Januari 2021, dan sebanyak 4 tim lolos ke babak semifinal. Mulai babak semifinal, pertandingan disiarkan secara live melalui youtube. Dan 2 tim yang memenangkan pertandingan lanjut ke babak final pada 8 Januari 2021 dengan menggunakan BO5, bersamaan dengan perebutan juara 3 pada hari yang sama.

Rangkaian kegiatan Informatic Festival 1.0 ini ditutup dengan penyerahan hadiah dan sertifikat kepada para pemenang serta kepada dewan

juri/pembicara/mentor pada 16 Januari 2021. Berikut daftar pemenang dari kompetisi Informatic Festival 1.0:
UI/UX Competition:
Juara 1: Neodot Creative Juara 2: LupinFelt
Juara 3: ANKA
Juara 4: Dohan Tech

Programming Competition:

Juara 1: 2000 Programmer
Juara 2: rzvs1014

Mobile Legend Competition:
– Juara 1: team Lajoo
– Juara 2: Cassyus
– Juara 3: Revenge Nitrogen

Leave a comment

sixteen − fourteen =

Butuh bantuan? Chat via