Kampus MDP Gelar Bedah Buku, Wijang: Jadikan Tradisi Keilmuan

Setelah sukses menggelar acara foodgram talkshow “Influencer Marketing for Food Industry” dengan para pengusaha muda dan foodblogger Palembang pada Minggu, 29 September 2019 lalu, rangkaian acara menarik lainnya masih berlanjut di Kampus MDP Palembang. Kali ini Kampus MDP menghadirkan Dr. Yulizar kasih, S.E., M.Si. dan Dr. Wijang Widhiarso, M.Kom sebagai narasumber dalam acara bedah buku “Financing, Cost, Risk & Benefit IT Investment for Startup” yang berlangsung di Aula Lantai 5 Kampus MDP pada hari Rabu, 2 Oktober 2019 kemarin. Dengan dimoderatori oleh Dr. Anton Arisman, S.E., M.Si selaku Kepala Program Studi Akuntansi, acara berlangsung meriah.

Dr. Yulizar kasih, S.E., M.Si. merupakan penulis buku Sumber-sumber Pembiayaan UMKM sedangkan Dr. Wijang Widhiarso, M.Kom ialah penulis buku Manajemen Investasi. Keduanya juga merupakan tenaga pengajar di Kampus MDP. Di awal acara Pak Yulizar sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa paradigma lama UMKM harus diubah mengikuti perkembangan zaman, karena saat ini kita memasuki era digital dimana banyak sekali sumber-sumber pembiayaan bagi para UMKM.

Peserta yang didominasi oleh generasi milenial ini terlihat antusias mengikuti bedah buku karena memang topik yang diangkat sangat menarik dan tepat untuk dibahas. Kegiatan ini juga bertujuan memberikan kesempatan kepada seluruh civitas akademika MDP untuk dapat mengetahui lebih lanjut kajian terkait manajemen investasi dibidang IT serta sumber-sumber pembiayaan UMKM melalui buku yang telah diterbitkan oleh dosen Kampus MDP yang telah berkompeten dibidangya masing-masing.

Saat sesi selanjutnya, Pak Wijang panggilan akrab di Kampus, menyatakan bahwa  bagian paling sulit untuk mengevaluasi dan menilai investasi teknologi informasi adalah mengungkap manfaat dan resiko yg tersembunyi dan tidak terkuantifikasi dari investasi TI tersebut. Buku manajemen investasi dengan metode G-AIE (Group Advanced Information Economic)  menyelesaikan kesulitan tersebut, ungkap nya. Selain itu beliau menambahkan, bahwa kegiatan seperti ini juga harus dijadikan tradisi keilmuan yang bertajuk seminar namun dikemas menarik.

“Pembicara kali ini kami mengundang dari dosen Kampus MDP yang memang sudah kita kenal sangat berkompeten dibidang manajemen investasi dan bidang UMKM yaitu Pak Wijang dan Pak Yulizar. Kegiatan ini juga kami harapkan dapat membantu para pebisnis baru yang sedang mengembangkan usahanya serta membantu mahahasiswa Kampus MDP lebih mengetahui hal-hal yang berkenaan dengan Manajemen Investasi dan UMKM ini sendiri.” Ujar Fareza, selaku ketua pelaksana seminar Bedah Buku kali ini.

Fareza juga mengungkapkan keinginannya untuk membuat seminar bedah buku kembali dengan tema yang lebih menarik mengingat banyak sekali peserta yang hadir mulai dari kalangan pengusaha UMKM, para pebisnis muda, mahasiswa Kampus MDP yang ingin memulai bisnis baru, serta dosen dan mahasiswa dari berbagai kampus lainnya.  Seminar bedah buku ini pun diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru kepada seluruh kalangan masyarakat melalui tenaga pengajar Kampus MDP. (BP183084)

 

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via