Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Usaha Ritel Tradisional Toko Cholid Tentang Pemanfaatan Aplikasi Mobile dan Microsoft Excel

Pada hari Sabtu, tanggal 28 November 2020 dan Senin, tanggal 14 Desember 2020, tim dosen beserta mahasiswa STMIK GI MDP melakukan pengabdian kepada masyarakat di Usaha Ritel Tradisional Toko Cholid yang berlokasi di Jalan Talang Kerangga No 635 Palembang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan secara tatap muka oleh salah satu tim pengabdian dan video conference oleh anggota tim yang lain dengan pemilik usaha Ibu Hj. Maryani. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama 3 jam dimulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Kegiatan pertama pada hari Sabtu, tanggal 28 November 2020 dengan topik “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Mobile Penjualan dan Pembayaran di Usaha Ritel Tradisional Toko Cholid”. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa yang terdiri dari Dien Novita, S.Si., M.T.I, Dorie P. Kesuma, S. Kom., M.T.I, Yulistia, S. kom., M.T.I, dan Fareza Helena (1721240074). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada pengelola usaha ritel tradisional Toko Cholid tentang penggunaan aplikasi mobile penjualan dan pembayaran untuk dapat meningkatkan omset penjualan.

Kegiatan kedua pada hari Senin, tanggal 14 Desember 2020 dengan topik “Sosialisasi Penggunaan Microsoft Excel untuk Pembukuan Sederhana di Usaha Ritel Tradisional Toko Cholid”. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa yang terdiri dari Dien Novita, S.Si., M.T.I, Lisa Amelia, SE, M.T.I, Rika Kharlina Ekawati, S.E., M.T.I., dan Intan Maharani (1620240097). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pembukuan sederhana atau pembuatan laporan persediaan dan penjualan barang menggunakan Microsoft Excel di Toko Cholid Palembang.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung selama 2 hari ini berjalan lancar. Pemilik toko menyambut baik dan menyimak pemaparan materi yang disampaikan dan dapat mempraktikkan langsung cara menggunakan aplikasi penjualan dan pembayaran mobile serta memanfaatkan Microsoft Excel dalam pembuatan laporan persediaan dan penjualan barang.

 

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via