Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2023

Palembang, Rabu 21 Juni 2023 – Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) mahasiswa antar perguruan tinggi merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang yang dimotori oleh HMJ Akuntansi (Himaksi) berkolaborasi dengan HMJ Manajemen (Mancom) serta bekerja sama dengan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang sebagai co-host. Adapun tujuan dari LKTI ini adalah untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam menghasilkan karya tulis ilmiah serta menginspirasi mereka untuk berpikir kritis, memecahkan masalah dan berinovasi. Pada tahun 2023 ini tema yang diangkat pada LKTI adalah “Peran Mahasiswa dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia”.

Alur tahapan kegiatan pada LKTI 2023 ini dimulai dari tahap pendaftaran tim dan seleksi karya tulis pada 15 Mei sampai dengan 3 Juni 2023 di mana penerimaan karya tulis paling lambat 8 Juni 2023. Pada tahap ini terdapat 31 tim peserta yang melakukan registrasi berasal dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, baik swasta maupun negeri. Tim peserta terdiri atas maksimal 3 orang mahasiswa dimana mereka dapat berasal dari program studi yang berbeda maupun Perguruan Tinggi yang berbeda. Pada 12 Juni 2023 diumumkan 15 tim yang terpilih untuk lolos ke tahap final melalui Instagram @mancommdp dan @himaksi.mdp. Tim yang berhasil lolos masuk ke 15 besar diminta untuk mempresentasikan karya tulisnya secara daring melalui Zoom pada babak final di hari Kamis, 15 Juni 2023.

Pada babak final setiap tim diberikan waktu selama 10 menit untuk mamaparkan karya tulisnya dan setelah sesi pemaparan selesai akan dilanjutkan ke sesi tanya jawab oleh dewan juri selama 10 menit. Adapun dewan juri dan reviewer pada LKTI 2023 ini antara lain:

  1. Dr. Anton Arisman, S.E.Ak., M.Si. (Universitas Multi Data Palembang)
  2. Mulyaningtyas, S.E., M.Ak. (Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang)
  3. Retno Budi Lestari, S.E., M.Si. (Universitas Multi Data Palembang)

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan dari ketua pelaksana LKTI 2023 Trisnadi Wijaya, S.Kom., S.E., M.Si. kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wakil Dekan FEB Universitas Multi Data Palembang Dr. Anton Arisman, S.E., Ak., M.Si. Pengumuman pemenang diumumkan melalui Instagram @universitasmdp, @mancommdp, dan @himaksi.mdp di hari Sabtu, 17 Juni 2023.

Berikut ini adalah daftar nama tim pemenang LKTI 2023:

  • Juara I: Imorys
  • Juara II: Nexus
  • Juara III: Terakota
  • Juara Harapan I: NCRS
  • Juara Harapan II: Big Plane
  • Juara Harapan III: Claretty dkk

Universitas Multi Data Palembang mengucapkan selamat kepada para pemenang LKTI 2023 yang telah berhasil lolos semua tahapan penjurian dan menghadapi persaingan yang sengit antar tim. Universitas Multi Data Palembang mengucapkan terima kasih kepada para peserta, dewan juri, co-host, panitia pelaksana dan sponsor yang telah mendukung dan memeriahkan LKTI 2023.

Leave a comment

id_IDBahasa Indonesia