Management Expo 2019

Management Expo 2019, merupakan kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE MDP, yang diadakan dari tanggal 21 – 24 Oktober 2019, dan 26 Oktober 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, dengan mengadakan kegiatan lomba antar SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi se Kota Palembang. Kegiatan lain selain lomba yaitu adanya Seminar Literasi Keuangan, Seminar Investasi Saham, dan Seminar Kewirausahaan. Lomba antar siswa SMA/SMK/MA berupa Stocklab, Business Case, Business Plan, StockTrading, Vocal Group dan K-Pop Dancer. Lomba antar Perguruan Tinggi se Kota Palembang yaitu Business Case, dan StockTrading. Lomba terbuka untuk masyarakat umum yaitu StockTrading dan K-Pop Dancer.

Kegiatan Management Expo dibuka oleh Kasi Peserta Didik SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan yaitu Drs. H. Eddy Manhar, M.M.  Bapak Eddy Manhar menyampaikan, kegiatan ini sebagai salah satu pengembangan kreatifitas Siswa SMA dan sangat positif untuk diikuti, bisa menimbulkan jiwa kerjasama dan menambah wawasan. Kegiatan kemudian dilajutkan dengan Seminar Literasi Keuangan disampaikan oleh Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan yaitu Andes Novytasary. Seminar ini menyampaikan bentuk investasi apa saja yang bisa dilakukan Siswa SMA saat ini, dengan adanya investasi mulai usia SMA akan mendapatkan keuntungan di masa depan.  Selain seminar literasi keuangan di lakukan sosialisasi permainan Stocklab, dimana permainan ini menggambarkan kegiatan investasi saham dengan menggunakan kartu Stocklab.

Kegiatan seminar dan sosialisasi ini diikuti oleh Siswa SMA Adabyah Palembang, SMA Kusuma Bangsa, SMA Methodist 2 Palembang, Siswa SMK Negeri 7 Palembang, SMK Madyatama Palembang,  SMK Muhammadyah 2 Palembang, SMK Trisula Palembang, dan Siswa  MA Negeri 1 Palembang dan juga Guru Pendamping. Kegiatan lomba Permainan Stocklab yang diikuti oleh 115 Siswa SMA/SMK dan MA, yang dipandu oleh Tim dari OJK dan Mahasiswa Management Community (Mancom). Pemenang lomba Stocklab yaitu  Fandi Ahmad (SMA Adabiyah) memperoleh juara pertama, Eugenia Marsya Ofira  (SMA Kusuma Bangsa) sebagai juara ke dua dan  Aisyah Yuliana Maharani (SMK Muhammadyah 2) sebagai juara ke tiga.

Lomba Business Case di hari ke dua diikuti oleh Mahasiswa dari Perguruan Tinggi se Kota Palembang dan diikuti oleh 23 tim. Lomba Business Case kali ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang lagi dihadapi oleh PT Sari Incofood, bagaiman dua produk yaitu Mixcreamer dan Indocafe Cappuccino bisa dilakukan pengembangan produk. Pemenang lomba Tim Puzzle dari Universitas Sriwijaya sebagai juara pertama, Tim Spy dari STIE Multi Data Palembang sebagai juara ke dua dan Tim Hore-hore dari STIE Multi Data Palembang sebagai juara ke tiga.

Lomba Business Plan diikuti oleh SMA Methodist 2 Palembang, SMK Negeri 7 Palembang, SMK Muhammadyah 1 Palembang, SMK Muhammadyah 2 Palembang, dan SMK Madyatama. Produk yang mereka buat untuk dilombakan rata-rata kuliner kecuali SMK Negeri 7 berupa kain batik, dimana kegaitan membatik dilakukan sendiri oleh siswa sekolah tersebut. Pemenang lomba Business Plan yaitu juara pertama dari Tim MEA dari SMK Muhammadyah 1, Tim SMK Muhammadyah 2 Palembang, dan Tim Smeda dari SMA Methodist 2 palembang.

Lomba StockTrading di hari ketiga di awali dengan kegiatan seminar yang bertemakan Jamannya Ivestasi Millenial yang disampaikan oleh Edy Susanto perwakilan dari UOBKayhian yang bekerjasama dengan Galeri Investasi STIE Multi Data Palembang. Seminar membahas seputar kegiatan investasi saham berupa pembelian saham perusahaan yang sudah go public. Kegiatan lomba ini diikuti oleh 12 peserta, dari Mahasiswa Perguruan Tinggi dan Siswa SMA se Kota Palembang. Pemenang lomba StockTrading, untuk juara pertama yaitu Pitri Ulandari dari Universitas Muhammadyah Palembang, Syarif Maulana dari STIE Multi Palembang juara ke dua dan Siti Eflirine Hairunisya dari STIE Multi Data Palembang juara ke tiga.

Perlombaan Vocal Group dan K-Pop Dance yang diadakan pada Hari Kamis,  peserta berasal dari SMA dan SMK, dan Perguruan Tinggi se Kota Palembang. Pemenang Vocal Group Tim Stereogram dari SMA Methodist 2 juara pertama, juara ke dua Tim Mudupa (SMK Muhammadyah 2 Palembang) dan juara ke tiga Tim Advance (SMK Negeri 7 Palembang). Pemenang K-Pop Dance Tim Light Panther juara pertama, Tim Perfexo dan PF Generation sebagai Juara ke dua dan Juara ke tiga.

Kegiatan Mancom di Hari Sabtu berupa Kegiatan seminar, pengumuman pemenang lomba dan penampilan pemenang lomba. Adanya hiburan standup comedy, beatbox dan Dj dari Mahasiswa Multi Data Palembang. Seminar kali ini bertemakan  Increase Your Business in The Future, dimana pembicara terdiri dari Hari Mulyono Kepala Indonesia Stock Exchange (IDX) Kantor Perwaklan Sumatera Selatan, Muhamad Machmud AlFayet Owner Palembang Kepiting Center dan Owner Soto Ranjau, dan Eldwin Erlanda Oscadrie Owner Franchise Ayam Gepuk Pak Gembus Cabang Mayor Ruslan Palembang, dan sebagai moderator yaitu Sri Megawati, SE., M.Si.

Seminar membahas seputar kegiatan perolehan dana bagi pengusaha UMKM dengan melakukan kegiatan penjualan saham kepemilikan ke publik berupa saham IPO (Initial Public Offering). Pak Hari menjelaskan beberapa persyaratan pelaksanaan IPO, jika pengusaha kecil dan menegah ingin mendapatkan dana lebih cepat dari para investor. Peserta seminar terdiri dari Guru, Siswa SMA, SMK dan MA, dosen, mahasiswa dan para sponsor kegiatan.

Kegiatan Management Expo 2019 bisa terlaksana dengan baik karena adanya dukungan dari beberapa sponsor yaitu, OJK, IDX, KPEI, KSEI, UOBKayhian, Bank BCA, Indocafe, RUJ, Cherylflorist, Apotik Puji, VCitra, Bayu Buana, Shinta Bakery and Resto, Bantex, dan Kepting Center. Panitia Management Expo 2019 juga berperan penting, sehingga kegiatan bisa diselesaikan dengan baik. Panitia yang terlibat, diantaranya Christin Yulianti, Mulia Trisaputri dan Lutphi Zikri Ananda, dan seluruh anggota panitia yang kreatif. rj 131095

 

 

Leave a comment

15 + ten =

Butuh bantuan? Chat via