Manajemen (S1)
Program Studi Manajemen memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana mengembangkan pengetahuan dan keahlian dalam upaya mencapai efisiensi, produktifitas dan keuntungan hasil operasi perusahaan.
Didukung dengan kurikulum yang up to date, proses pengembangan diri mahasiswa dengan peningkatan keahlian Manajerial akan membuat mahasiswa MDP menjadi daya tarik yang kuat dari perusahaan. Membentuk profil lulusan sebagai spesialis keuangan dan investasi, spesialis pemasaran, dan wirausahawan.
Menjadi Program Studi Manajemen yang berdaya saing global, berorientasi inovasi dan berbasis teknologi informasi tahun 2040.
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas standar nasional kepada mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, memiliki kompetensi di bidang manajemen dan bisnis yang didukung oleh teknologi informasi serta mempersiapkan diri memasuki dunia bisnis maupun persaingan di pasar kerja baik nasional maupun internasional. ii.
- Meningkatkan pengembangan pendidikan dan profesi bagi tenaga pengajar (dosen) dan staff pendukung Program Studi Manajemen
- Melakukan penelitian secara terprogram dan teratur dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis serta kontribusinya bagi pengembangan ekonomi masyarakat.
- Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu manajemen dan bisnis sebagai bentuk kontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat.
- Menghasilkan tata kelola program studi yang yang sehat dan berkualitas
Program studi manajemen jenjang pendidikan Strata 1 menyelenggarakan pendidikan yang mampu mengisi tuntutan bisnis dan pasar kerja serta mampu berkolaborasi dan bekerjasama dengan berbagai stakeholder dan pelaku bisnis untuk mempersiapkan para wirausaha muda dan profesional yang menghasilkan produktivitas yang tinggi.
Program studi manajemen memiliki 3 bidang konsentrasi, yaitu :
- Manajemen Pemasaran, bagi mahasiswa yang memilih konsentrasi ini harus mengambil mata kuliah : Manajemen Promosi dan Periklanan (2sks), Manajemen Hubungan Pelanggan (2 sks), Manajemen Bisnis Retail (2 sks), Manajemen Pemasaran Internasional (2 sks), dan Seminar Manajemen Pemasaran (2 sks).
- Manajemen Keuangan, untuk menguasai kompetensi ini mahasiswa harus mengambil mata kuliah : Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio (2 sks), Manajemen Resiko (2 sks), Manajemen Keuangan Internasional (2 sks), Analisis Pasar Modal dan Pasar Uang (2 sks), dan Seminar Manajemen Keuangan (2 sks).
- Manajemen Kewirausahaan, untuk menguasai kompetensi ini mahasiswa harus mengambil mata kuliah : Manajemen Inovasi Pemasaran (2 sks), Manajemen Bisnis Keluarga (2 sks), Bisnis Waralaba (2 sks), Pembiayaan Usaha Kecil dan Mikro (2 sks), dan Seminar Perencanaan Bisnis (2 sks).
Program studi manajemen membekali lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :
- Mampu memecahkan permasalahan bisnis dan pengelolaan perusahaan bisnis.
- Mampu melakukan proyeksi bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Memiliki pengetahuan lingkungan bisnis nasional & internasional.
- Mampu melakukan riset pemasaran untuk mendukung perencanaan bisnis.
- Mampu melakukan analisis investasi.
- Mampu menyusun perencanaan bisnis (business plan), merintis dan mengorganisir pembukaan bisnis baru.
Peluang karir bagi lulusan program studi manajemen antara lain :
- Wirausahawan (membuka dan mengelola bisnis baru);
- Pengelola Usaha (menyusun, mengembangkan, dan mengelola usaha khususnya bisnis retail);
- Konsultan Manajemen & Bisnis (jasa konsultan riset pasar, proyeksi bisnis, kelayakan bisnis, strategi memulai bisnis, dan membuat rencana bisnis);
- Manajer Pemasaran (merencanakan, mengorganisir & mengawasi kegiatan pemasaran);
- Konsultan Pemasaran (jasa konsultasi pemasaran produk);
- Manajer Keuangan (merencanakan, mengorganisir & mengawasi keuangan perusahaan);
- Konsultan Keuangan Perusahaan (jasa konsultasi pengelolaan keuangan & investasi perusahaan);
- Instruktur Program Pelatihan (menyusun dan mengembangkan program pelatihan pemasaran, keuangan, dan kewirausahaan).