Mengedukasi Pemilik Usaha Kecil melalui pelatihan Inovasi Produk Olahan, serta Strategi Alternatif Sumber Permodalan Di Kelurahan Suka Mulya Kecamatan Sematang Borang

Salah satu tujuan pencapaian yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi melalui Tri  Dharma yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta  Pengabdian kepada masyarakat, maka Kampus MDP tidak hanya menyelenggarakan  kegiatan belajar-mengajar di Kampus, tetapi juga mengajak seluruh akademisi Kampus MDP untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Kampus MDP sudah  dilakukan kepada Sekolah, Badan Usaha, UMKM, dan lainnya. Kegiatan ini menjadi kegiatan  rutin yang akan dilaksanakan kepada masyarakat. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini  diwakili 5 (lima) orang dosen antara lain Faradila Meirisa S.E., M.M, Charisma Ayu P,  M.HRM, Retno Budi Lestari ,S.E , M.Si, Herry Widagdo, S.T,M.Si, dan Kardinal, S.E., M.M memberikan pelatihan untuk mengembangkan kreativitas dan strategi inovasi produk  olahan, serta strategi alternatif sumber permodalan bagi usaha kecil.

Sebagaimana diketahui Kelurahan Sukamulya memiliki potensi hasil kebun berupa jagung ungu, melon, labu madu, dan lengkuas. Tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihankepada pedagang usaha kecil mengenai inovasi produk olahan, potensi produk yang dapat diolah untuk inovasi adalah jagung, melon, dan labu madu. Jagung dapat diolah menjadi tepung jagung, pudding jagung, bubur jagung. Melon dapat diinovasikan menjadi keripik buah serta puding buah. Labu madu dapat juga diolah menjadi kue labu, keripik labu serta puding buah”. Tujuan inovasi produk dari hasil kebun adalah agar warga dapat memperoleh peningkatan pendapatan dan hasilkebun memiliki nilai tambah ujar Retno di sela-sela kegiatan pengabdian, sabtu (24/10/20). Tim Pengabdian juga memberikan materi berupa beberapa alternative sumber permodalanuntuk mengembangkan usaha.Beberapaalternative sumber permodalansebenarnya bisa didapatseperti dari Bank dan program CSR perusahaan,”kata Faradilasebagai salah satu penyampai materi di kecamatan sematang borang, Sabtu (24/10/20).

Bagi pengusaha di sekitar perkebunan tersebut merasakan dampak yang sangat baik dengan adanya pengabdian masyarakat kepada mereka “Kami berterimakasih dengan adanya pengabdian ini, kami mendapatkan banyak ilmu dan informasi tambahan mengenai sumber permodalan, pengelolaan inovasi produk” kata Ayu, pemilik kebun sekaligus pedagang jagung, Sabtu (24/10/20).Dengan diadakannyaPengabdian ini, penyampaian materikepada pedagang Usaha Kecil Di kelurahan suka mulya kecamatan sematang borangdiharapkan dapat menjadi bekal ilmu dan informasi sekaligus menambah wawasan bagi pedagang usaha kecil di sekitar lokasi tersebut.(mdp)

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via