Optimalisasi Pemanfaatan Power Point dan Aplikasi Filmora dalam Pembuatan Materi Pembelajaran Di TK Xaverius 1 Palembang

Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini semua kegiatan dilaksanakan dari rumah, seperti bekerja dari rumah (Work From Home) dan belajar dari rumah (Study From Home). Salah satu bidang yang terdampak karena kondisi tersebut adalah bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar jarak jauh masih belum optimal dalam pelaksanaannya dikarenakan hanya melalui media online dan terkadang ada hal-hal yang bersifat penjelasan langsung sulit tersampaikan oleh guru ke siswa. Dari tingkatan Pendidikan, tentu saja staff pengajar Taman Kanak-Kanak (TK) yang paling mengalami kesulitan dalam mengajar secara jarak jauh, karena mengajar anak TK tentu saja jauh lebih sulit dibanding mengajar mahasiswa di bangku kuliah, dimana mahasiswa sudah lebih terbiasa menggunakan teknologi.

Dalam membuat video pembelajaran, TK masih sangat kesulitan dalam menggunakan software aplikasi bantuan untuk membantu kegiatan belajar mengajar daring (online). Untuk itu, dalam pelatihan kali ini akan diangkat tema tentang penggunaan aplikasi untuk membuat media belajar  dengan judul : Optimalisasi Pemanfaatan Power Point dan Aplikasi Filmora dalam Pembuatan Materi Pembelajaran di TK Xaverius 1 Palembang. Pelatihan ini bertujuan agar Sekolah, terutama guru-guru TK Xaverius 1 Palembang dapat lebih paham mengenai penggunaan Aplikasi Power point dan Filmora, serta dapat menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran bagi anak-anak murid.

Pelatihan dilakukan berkelompok yang terdiri atas 3 orang Dosen yaitu Yulistia, S,Kom., M.T.I., Antonius Wahyu Sudrajat, S.Kom., M.T.I. dan  Mardiani, S.Si., M.T.I., dalam pelaksanaannya, pelatihan ini dibantu 2 orang mahasiswa Sistem Informasi dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) yaitu Kelvin Verdian dan Nicholas Robert Renaldi Lau. Pengabdian dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 15 April 2021 di ruang belajar TK Xaverius I Palembang. Materi meliputi penggunaan beberapa tools power point yang bisa menarik minat murid TK, kemudian dilanjutkan pembuatan dan editing video sederhana dengan Filmora. Untuk mendukung merekam video pembelajaran, digunakan latar belakang green screen pada saat uji coba.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pengajar untuk lebih bisa mengexplore cara mengajar dan menarik minat murid yang diajar.

Leave a comment

3 × 4 =

Butuh bantuan? Chat via