Pelatihan Pembuatan Website Tanpa Coding dengan Memanfaatkan Content Management System WordPress untuk Umum dan Mahasiswa Kampus MDP

Website Tanpa Coding

Dalam kondisi Pandemi Covid 19, Civitas Akademika STMIK Global Informatika MDP, khususnya para dosen, tetap berperan aktif dalam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, termasuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Salah satunya adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan judul Pembuatan Website Tanpa Coding dengan Memanfaatkan Content Management System WordPress yang dilaksanakan pada Jum’at, 21 Mei 2021, Live via Youtube MDP TV.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim dosen yang terdiri dari Bpk. Ahmad Farisi, dan Bpk. Anggoro Aryo, dan Ibu Mulyati bersama dengan Divisi Humas dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas Multi Data Palembang. Melalui HIMSI, kegiatan ini dipublikasi dalam bentuk Webinar dengan judul, “Bikin Websitemu Ga Pake Ngoding”.

Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 57 peserta dari peserta mahasiswa dan umum sejak pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB secara online dan live melalui youtube MDP TB pada link https://youtu.be/_Vxv0Po3M_4 .

Alasan mengapa CMS WordPress yang dipilih adalah karena salah satu CMS yang banyak digunakan adalah WordPress. Data dari W3Techs.com menunjukkan saat ini 30% website di dunia menggunakan WordPress dan WordPress telah merajai 60% pengguna CMS di seluruh dunia seperti Joomla, Drupal, Magento dan Shopify.

Para peserta begitu antiusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlihat dari kuesioner yang diisi oleh para peserta pelatihan pasca kegiatan pelatihan diselenggarakan yang menunjukkan :

  • 73,7 % peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan sangat baik, sementara 24,6% peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan baik, dan 1,8% menyatakan pelatihan berjalan dengan cukup baik.
  • 57,9% peserta menyatakan bahwa pelatihan sangat sesuai dengan kebutuhan peserta, sementara 42,1 % menyatakan sesuai.
  • 70,2% peserta menyatakan bahwa tim pengabdi menyampaikan materi pelatihan dengan sangat baik, sementara 29,8% peserta menyatakan baik.
  • 98,2% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa peserta tertarik untuk membuat website sendiri setelah pelatihan ini dilaksanakan.
  • 100% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa pelatihan sesuai dengan harapan peserta.

Dalam kuesioner pasca pelaksanaan pelatihan pun terdapat beberapa harapan, komentar, dan masukan dari para peserta, seperti,

“Pengetahuan yang didapat sangat bermanfaat, setelah mengikuti webinar ini saya langsung mencoba kemudian bisa, ditunggu part 2 nya webinarnya ya”

“pelatihan ini sangat bermanfaat karna bagi pemula bagi saya dan terhadap webinar ini sangat mudah di pahami dan tidak membosankan”

“Saya rasa webinar tersebut berjalan dengan lancar, maka dari itu tidak ada kritik dari saya. Sedangkan untuk saran yaitu, tambahkan beberapa materi seperti tips dan trik agar orang tertarik dengan website, dan kalau boleh juga ditambahkan seperti door prize untuk hadiah.”

“Saran saya untuk meningkatkan kualitas audio dan streaming.”

Secara umum, pengabdian  kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan tentang alternatif pembuatan website yang variatif dan mudah untuk digunakan, khususnya dalam pembuatan website-website portal, profil, dan lain sebagainya. Secara khusus, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan tentang bagaimana membuat website menggunakan CMS WordPress.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via