Pelatihan Instalasi Jaringan dan Perpustakaan Digital Menggunakan SLiMS di SMK Negeri 1 Palembang

Pada tanggal 19 Oktober 2020 bertempat di SMK Negeri 1 Palembang, tim dosen MDP yang terdiri dari Yohannes, Ahmad Farisi, Meiriyama, Muhammad Ezar Al Rivan, Siska Devella, dan Nur Rachmat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan Instalasi Jaringan dan Implementasi Perpustakaan Digital menggunakan SLiMS 9 pada SMK Negeri 1 Palembang. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Kegiatan pelatihan instalasi jaringan dilakukan di Perpustakaan SMK Negeri 1 Palembang, dari pengenalan kabel jaringan, konektor RJ-45, topologi jaringan, pemasangan kabel jaringan, pengenalan IP Address, hingga konfigurasi router pada jaringan. Dengan instalasi jaringan ini, SMK Negeri 1 Palembang dapat melakukan akses internet untuk setiap komputer yang ada pada perpustakaan yang terhubung dalam satu jaringan. Selain itu, setiap komputer dapat melakukan sharing file dan folder menggunakan jaringan serta dapat mencetak dokumen melalui printer yang sama dari komputer yang berbeda. Hal ini tentu sangat membantu siswa dan guru ketika ada dokumen yang mau dicetak yang berada di komputer perpustakaan yang berbeda dan tidak perlu lagi menggunakan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk.

Selanjutnya SMK Negeri 1 Palembang juga diberikan pelatihan implementasi perpustakaan digital dari instalasi SLIMS 9, keanggotaan, cetak kartu anggota, bibliografi, cetak label buku, import data anggota dan bibliografi sampai dengan sirkuliasi buku.

SLiMS merupakan sebuah program yang memudahkan pelayanan perpustakaan dimulai dari pendataan inventaris buku dengan judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, ISBN, bahkan lengkap dengan cover buku. Tentu dengan ini dapat memudahkan dalam penelusuran data buku nantinya. Tidak hanya itu, SLiMS juga memudahkan dalam pembuatan barcode dan juga dapat membuat katalog online otomatis dari buku yang telah diinput sebelumnya. SLiMS juga membantu dalam hal proses peminjaman buku maupun pengembalian buku. Bahkan tersedia juga riwayat peminjaman dan pengembalian buku. Selain itu, dengan adanya barcode, setiap buku yang dipinjam meski judulnya sama, akan terbaca beda eksemplarnya. SLiMS juga menyediakan menu keanggotan sehingga kartu keanggotaannya pun bisa langsung dicetak.

 
Hal ini sungguh sangat memudahkan pekerjaan pustakawan SMK Negeri 1 Palembang yang sebelumnya pencatatan buku hingga proses peminjaman dan pengembalian buku dilakukan secara manual. Saat ini SMK Negeri 1 Palembang sudah sangat terbantu dalam pencarian buku baik stok maupun peminjam hingga pencetakan kartu anggota.
 

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via