Pelatihan Manajemen Sitasi dengan Memanfaatkan Aplikasi Mendeley untuk Dosen dan Mahasiswa STMIK Global Informatika MDP

Dalam kondisi Pandemi Covid 19, Civitas Akademika STMIK Global Informatika MDP, khususnya para dosen, tetap berperan aktif dalam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Salah satunya adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk pelatihan tentang manajemen sitasi dengan memanfaatkan aplikasi Mendeley untuk dosen dan mahasiswa STMIK Global Informatika MDP pada Selasa dan Rabu, 30 dan 31 Maret 2021 lalu.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim dosen yang terdiri dari Bpk. Wijang Widhiarso, Bpk. Ahmad Farisi, dan Bpk. Dedy Hermanto. Adapun mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini adalah Yosia Imanuel dari program studi Sistem Informasi dan Muhammad Yudha Setiawan dari program studi Teknik Informatika.

Kegiatan pengabdian ini dibagi ke dalam 2 sesi pelatihan. Sesi pertama pada hari Selasa, 30 Maret 2021, pukul 09.00 sd. 12.00 WIB dilakukan secara offline terbatas dengan protokol kesehatan di Laboratorium 202 STMIK Global Informatika MDP. Sesi pertama ini diikuti oleh 16 orang dosen sebagai peserta. Adapun sesi kedua dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Maret 2021, pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB secara online melalui youtube pada link https://youtu.be/Fz-Bg_LNIb0 . Sesi kedua ini diikuti oleh 88 peserta dari kalangan mahasiswa dan umum.

Sebagai peserta, 16 orang dosen begitu antusias dalam mengikuti pelatihan sesi pertama. Hal ini terlihat dari kuesioner yang diisi oleh para peserta pelatihan pasca kegiatan pelatihan diselenggarakan yang menunjukkan :

  • 87,5 % peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan sangat baik, sementara 12,5% peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan baik.
  • 68,8% peserta menyatakan bahwa pelatihan sangat sesuai dengan kebutuhan peserta, sementara 31,3 % menyatakan sesuai.
  • 87,5% peserta menyatakan bahwa tim pengabdi menyampaikan materi pelatihan dengan sangat baik, sementara 12,5% peserta menyatakan baik.
  • 100% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa peserta akan menggunakan Mendeley dalam menulis karya ilmiah setelah pelatihan dilaksanakan.
  • 100% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa pelatihan sesuai dengan harapan peserta.

Selaras dengan sesi pertama, 88 orang peserta yang mengikuti sesi kedua pun cukup antusias mengikuti pelatihan ini meskipun dilaksanakan secara online. kuesioner pasca pelatihan di sesi kedua menunjukkan :

  • 69,3 % peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan sangat baik, sementara 28,4% peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan baik, dan 2,3% peserta menyatakan cukup baik.
  • 60,2% peserta menyatakan bahwa pelatihan sangat sesuai dengan kebutuhan peserta, sementara 3752 % menyatakan sesuai, dan 2,3% peserta menyatakan cukup sesuai.
  • 60,2% peserta menyatakan bahwa tim pengabdi menyampaikan materi pelatihan dengan sangat baik, sementara 38,6% peserta menyatakan baik, dan 1,1% menyatakan cukup baik.
  • 95,5% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa peserta akan menggunakan Mendeley dalam menulis karya ilmiah setelah pelatihan dilaksanakan, sementara 4,5% menyatakan Tidak.
  • 98,9% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa pelatihan sesuai dengan harapan peserta, sementara 1,1% menyatakan Tidak.

Dalam kuesioner pasca pelaksanaan pelatihan pun terdapat beberapa harapan, komentar, dan masukan dari para peserta, seperti,

“Saran saya sebaiknya pelatihan medeley ini dilakukan setiap semester karena pelatihan ini sangat berguna dalam penulisan karya ilmiah”

“Pelatihan ini sudah cukup baik dari penjelasan bapak yang mudah dimengerti, pelatihan ini mempermudah saya dalam melakukan sitasi dengan lebih rapi dan cepat”

“Kedepan ny semoga bisa diadakan pada hari hari yang kecil kemungkinan ada kelas bagi mahasiswa terima kasih”

“Ya hanya sedikit miss yang pada saat pendaftaran akun mendeley saja tadi, selebihnya sangat jelas untuk penjelasannya.”

Semoga kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan ini dapat meningkatkan kompetensi para dosen dan mahasiswa di STMIK Global Informatika MDP dalam melakukan penulisan karya ilmiah seperti jurnal, skripsi, tesis, dan karya-karya ilmiah lainnya, khususnya dalam hal manajemen sitasi.

Leave a comment

13 − 6 =

Butuh bantuan? Chat via