Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Tanpa Coding bagi Mahasiswa dan Dosen Poltekkes Kemenkes Palembang

Salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi bagi para dosen adalah kewajiban melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat selain dari kegiatan penelitian dan pengajaran. Begitu juga dengan para dosen dari Universitas Multi Data Palembang yang selalu aktif dalam melaksanakan kegiatan Tri Darma tersebut, termasuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pada hari Jum’at, 11 November 2022 lalu, beberapa dosen Universitas Multi Data Palembang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Palembang, Jalan Jenderal Sudirman Km 3,5 No. 1365 Samping Masjid Ash-Shofa Komplek RS Moh. Hoesin Palembang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan dengan tema pelatihan pembuatan aplikasi mobile tanpa coding yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari Poltekkes Kemenkes Palembang. Tim pengabdi yang menjadi pelaksana kegiatan ini adalah para dosen Universitas Multi Data Palembang yang terdiri dari Bapak Dafid, S. Si., M. T. I., Bapak Ahmad Farisi, M. Kom., Bapak Yohannes, M. Kom., Ibu Siska Devella, M. Kom., Bapak Daniel Udjulawa, S. Kom., M. T. I., dan Ibu Nyimas Artina, S. Kom., M. Si. Para dosen juga dibantu oleh 4 orang mahasiswa lainnya yang terdiri dari Robet Bangun Legato, Valentino Lie, Candra, dan Nyimas Nisrinaa Kamilah.

Pengabdian masyarakat ini bermaksud memberikan pemahaman tentang alternatif pembuatan sistem atau aplikasi melalui metode no code. Adapun tools yang digunakan adalah glideapps yang dapat digunakan secara gratis dan dapat diakses melalui halaman https://www.glideapps.com

Sebelum kegiatan pengabdian ini dimulai, para peserta terlebih dahulu mengisi kuesioner pra pelatihan yang bertujuan untuk menangkap sejauh mana pengetahuan peserta terkait istilah coding, apakah peserta pernah membuat membuat aplikasi atau program komputer, hingga apa yang diharapkan peserta dari kegiatan ini. Kuesioner pra pelatihan ini diisi oleh total 77 peserta.

Berdasarkan hasil kuesioner pra pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memang belum begitu familiar dengan istilah coding dan belum pernah membuat aplikasi atau program komputer. Dengan demikian diharapkan para peserta dapat menerapkan pengetahuan yang didapatkan dari kegiatan pelatihan untuk melahirkan inovasi-inovasi baru, khsusnya dalam bidang kesehatan.

Kegiatan pelatihan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan acara pembukaan terlebih dahulu. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Direktur Politeknik Kemenkes Palembang, Bapak Muhammad Taswin, S. Si., Apt., M. M., M. Kes. Menurut beliau, Poltekkes Kemenkes Palembang telah melahirkan inovasi-inovasi yang bergengsi hingga ke tingkat nasional, oleh karena itu beliau sangat mendukung kegiatan pelatihan ini dengan harapan para peserta nantinya dapat memanfaatkan pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan ini untuk melahirkan inovasi-inovasi berikutnya dari Poltekkes Kemenkes Palembang.

Dari sekian banyak tools yang ada, pelatihan ini memanfaatkan tools Glide Apps. Para peserta cukup antusias mengikuti pelatihan, khususnya ketika praktik pembuatan aplikasi tanpa coding telah dimulai.

Pelatihan ini mensimulasikan pembuatan aplikasi mobile sederhana yang diberi nama Aplikasi Mahasiswa Polkesbang. Aplikasi ini memiliki 3 halaman yang terdiri dari halaman home, mahasiswa, dan jurusan. Aplikasi ini dapat menampilkan data mahasiswa dan data jurusan yang ada di Politeknik Kesehatan Palembang. Database dari aplikasi ini menggunakan Glide Tables yang memiliki tampilan sangat mirip dengan Microsoft Excel sehingga lebih mudah digunakan oleh para peserta.

Sebagian besar peserta dapat mengikuti pelatihan hingga menghasilkan aplikasi mobile sebagaimana yang telah dipraktikkan selama pelatihan. Hasil dari aplikasi tersebut dapat dilihat melalui link ini: https://aplikasi-mahasiswa-p-fmn1.glideapp.io

Selepas pelatihan, para peserta kembali diminta untuk mengisi kuesioner yang bertujuan untuk mengevaluasi jalannya pelatihan. Berdasarkan hasil kusioner tersebut, semua peserta berpandangan bahwa pelatihan ini telah sesuai dengan harapan dan memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi para peserta.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat dilanjutkan dalam bentuk level berikutnya, seperti level menengah dan level lanjutan. Para pengabdi tentu berterimakasih kepada Universitas Multi Data Palembang yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan juga terimakasih kepada pihak Poltekkes Kemenkes Palembang yang telah menerima para pengabdi dengan sangat hangat dan memberikan kesempatan berbagi dan belajar bersama para peserta pelatihan.

Leave a comment

id_IDBahasa Indonesia
Butuh bantuan? Chat via