Pelatihan Pembuatan E-Modul dan Presentasi dengan Animasi untuk Guru-Guru SMK Muhammadiyah 2 Palembang

Pandemi Covid 19 tidak menghentikan langkah para Civitas Akademika STMIK Global Informatika MDP, khususnya para dosen untuk terus berperan aktif dalam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Meski dalam kondisi pandemi, kegiatan pengabdian kepada masyarakat tetap dapat dilaksanakan dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa STMIK Global Informatika MDP di SMK Muhammadiyah 2 Palembang pada Selasa, 9 Maret 2021 lalu.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim dosen yang terdiri dari Bpk. Ahmad Farisi, Bpk. Nur Rachmat, Bpk. Muhammad Ezar, Bpk. Yohannes, Ibu Meiriyama, dan Ibu Siska Devella. Adapun mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini adalah Handika Castello dan Yosia Imanuel dari program studi Sistem Informasi, lalu Gerry Jeven dan Abdul Azis Al Basyir dari program studi Teknik Informatika.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memberikan 2 sesi pelatihan. Sesi pertama pada pukul 09.00 sd. 12.00 WIB dilakukan dengan Pelatihan Pembuatan Animasi dengan Menggunakan Microsoft Power Point, dan sesi kedua pada pukul 13.00 s.d. 16.00 WIB dilakukan dengan Pelatihan Pembuatan E-Modul dengan Memanfaatkan Flip Book Maker.

Sebagai peserta, 23 orang Guru SMK Muhammadiyah 2 Palembang begitu antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini terlihat dari kuesioner yang diisi oleh para peserta pelatihan pasca kegiatan pelatihan diselenggarakan. Kuesioner pasca pelatihan pembuatan animasi dengan menggunakan Microsoft Power Point (sesi 1) menunjukkan :

  • 91,3 % peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan sangat baik, sementara 8,7% peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan baik.
  • 78,3% peserta menyatakan bahwa pelatihan pembuatan animasi dengan Microsoft Power Point sangat sesuai dengan kebutuhan peserta, sementara 21,7 % menyatakan sesuai.
  • 87% peserta menyatakan bahwa tim pengabdi menyampaikan materi pelatihan dengan sangat baik, sementara 13% peserta menyatakan baik.
  • 100% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa peserta akan membuat animasi dengan Microsoft Power Point setelah pelatihan dilaksanakan.
  • 100% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa pelatihan sesuai dengan harapan peserta.

Sementara itu, kuesioner pasca pelatihan pembuatan e-modul dengan memanfaatkan Flip Book Maker (sesi 2) menunjukkan :

  • 95,5 % peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan sangat baik, sementara 4,5% peserta menyatakan pelatihan berjalan dengan baik.
  • 81,8% peserta menyatakan bahwa pelatihan pembuatan e-modul dengan Flip Book Maker sangat sesuai dengan kebutuhan peserta, sementara 18,2 % menyatakan sesuai.
  • 90,9% peserta menyatakan bahwa tim pengabdi menyampaikan materi pelatihan dengan sangat baik, sementara 9,1% peserta menyatakan baik.
  • 100% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa peserta akan membuat e-modul setelah pelatihan dilaksanakan.
  • 100% peserta menyatakan Ya terhadap pernyataan bahwa pelatihan sesuai dengan harapan peserta.

Dalam kuesioner pasca pelaksanaan pelatihan pun terdapat beberapa harapan, komentar, dan masukan dari para peserta, seperti,

“Semoga di lain waktu bisa memberikan ilmu yang baru lagi, dan semoga ilmu e-modul ini bisa mempermudah segala pembelajaran yang akan disampaikan ke anak-anak didik nanti. terimakasih STMIK MDP”

“Kritik : waktu pelatihan yang diberikan terlalu singkat. Saran : dengan adanya pelatihan ini di harapkan bisa membuat guru bisa lebih kreatif dengan adanya materi Microsoft power point”

“Diharapkan ada pelatihan sejenisnya dengan mater-materi terbaru guna mendukung perkembangan proses pembelajaran.”

Semoga kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Palembang dapat meningkatkan kompetensi para guru dalam kegiatan akademis di Sekolah, khususnya dalam pembuatan animasi menggunakan Microsoft Power Point dan pembuatan E-Modul dengan Flip Book Maker.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via