PELATIHAN PEMBUATAN GAME DAN WEBSITE PORTAL DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG

Pada tanggal 7 Februari 2020 bertempat di SMA Negeri 6 Palembang, tim dosen MDP yang terdiri dari Yohannes, Ahmad Farisi, Meiriyama, Muhammad Ezar Al-Rivan, Siska Devella dan Nur Rachmat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan pembuatan Game menggunakan G-Develop dan pembuatan website portal menggunakan WordPress. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 16.00 – 17.30 WIB.

Kegiatan pelatihan dengan pembuatan game yang diberikan ke siswa-siswi menggunakan software G-Develop, karena G-Develop merupakan sebuah perangkat lunak gratis yang dirancang untuk digunakan oleh semua orang dan tanpa memerlukan keahlian pemrograman sama sekali. Jika berminat membuat game sendiri namun tidak punya cukup waktu dan keahlian untuk mempelajari bahasa pemrograman, G-Develop adalah jawabannya karena G-Develop sangat mudah digunakan meski tidak memiliki pengalaman dalam membuat game sebelumnya, karena semua kode rumit yang dibutuhkan sudah disediakan oleh G-Develop, hanya tinggal memilih dan menggunakannya. G-Develop dapat digunakan untuk membuat game HTML5, Android, Windows maupun Linux yang mana hal ini membuat semakin luas jangkauan dan jumlah penikmat game.

Selanjutnya, di ruang yang berbeda dilakukan pelatihan pembuatan website portal yang diberikan ke siswa-siswi menggunakan WordPress, karena WordPress merupakan sebuah CMS (Content Management Service) yang dapat digunakan sebagai pengelola halaman web. WordPress dapat menjadi alternatif membuat halaman web yang lebih mudah tanpa harus menguasai bahasa pemrograman web. WordPress memiliki pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan halaman web yang diinginkan. WordPress dapat digunakan untuk membuat halaman web seperti blog, situs e-commerce, portofolio, newspaper atau pun jenis yang lainnya.

Siswa-siswi yang mengikuti pelatihan sangat antusias baik dalam sesi pembuatan game maupun pembuatan website portal. Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMA Negeri 6 Palembang. (Yoh)

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via