Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT Untuk Guru SMA Se-Sumatera Selatan

Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini bisa kita terapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Disini pentingnya teknologi untuk selalu diikuti perkembangannya.  Penggunaan teknologi terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pelajaran. Seperti di Indonesia yang sebagian besar sekolah masih belum menggunakan teknologi dalam pendidikan. Oleh karena itu berdasarkan kepeduliaan dan pengabdian kepada masyarakat Universitas MDP yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dinas Pendidikan mengadakan sebuah pelatihan pembelajaran berbasis IT untuk guru sekolah menengah atas se Sumatera Selatan.

Diadakan pada tanggal 27 November 2021 dan bertempat di SMA Negeri 2 Prabumulih, pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari 8 sekolah yang ada di Sumatera Selatan.  Dengan pemateri dalam hal ini Rektor Universitas MDP Bapak Johannes Petrus, S.Kom, M.T.I., CFP® dan beberapa dosen diantaranya, Bapak Inayatullah, S.Kom, M.Si, Dafid, S.SI, M.T.I, Idham Cholid, S.E., M.E., CFP®, Antonius Wahyu S, S.Kom., M.T.I. Tidak hanya Dosen, mahasiswa Universitas MDP juga turut dilibatkan dikegiatan tersebut, dengan dilibatkannya mahasiswa diharapkan juga dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa.

Salah satu materi yang disampaikan adalah penggunaan OBS atau Open Broadcaster Software, OBS sendiri adalah sebuah program atau software gratis yang berfungsi untuk melakukan proses streaming dan recording di laptop atau PC. Selama masa pandemi ini, banyak organisasi ataupun kantor pemerintahan yang menggunakan program ini untuk melakukan siaran langsung atau live streaming di media sosial

Dengan OBS kita punya fleksibilitas menentukan Scene apa yang akan tampil (yang tentunya harus kita siapkan dulu), Selain itu OBS juga memiliki keunggulan yakni bahwa setiap orang bisa menggunakannya, sebab aplikasi ini gratis, bersumber terbuka, dan lintas platform sepenuhnya dengan dukungan pada Mac, Windows, dan Linux.
Untuk mengetahui lebih tentang materinya kamu dapat menekan tombol berikut.

Foto bersama seluruh peserta.
Beberapa mahasiswa Universitas MDP yang terlibat kegiatan pelatihan

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via