Pelatihan Pembuatan Soal Ujian Online dengan Memanfaatkan Google Form untuk Guru-Guru SMP Negeri 42 Palembang

Pandemi Covid19 yang sedang melanda saat ini memberikan tantangan yang cukup berat di dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang selama ini dilakukan dengan tatap muka secara langsung di sekolah harus berubah menjadi kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online. Tentu hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid19. Pada akhirnya, kegiatan pendidikan sejak awal masa pandemi hingga saat ini dilakukan secara online. Beberapa aktivitas pendidikan yang dilaksanakan secara online adalah aktivitas belajar mengajar hingga pelaksanaan ujian online.

Beberapa dosen dan mahasiswa dari STMIK Global Informatika MDP pada tanggal 30 November 2020 lalu berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan soal ujian online dengan memanfaatkan salah satu tools yang dinilai cukup mudah dalam penggunaannya dan tentunya tidak berbayar, tools tersebut adalah Google Form. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Negeri 42 Palembang. Beberapa dosen yang terlibat adalah Bpk. Wijang Widhiarso, Bpk. Dafid, dan Bpk. Ahmad Farisi, sementara mahasiswa yang terlibat adalah Abdul Azis Al Basyir dan Carvel Saputra Martaloho yang merupakan mahasiswa semester 5 program studi Teknik Informatika STMIK Global Informatika MDP.

Menurut Kepala SMP Negeri 42 Palembang, Bpk. H.Yusuf Alaydrus, M.Pd., “Pelatihan ini diharapkan menjadi rangsangan positif bagi para guru untuk dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang dapat berpengaruh dalam kegiatan-kegiatan mengajar, khususnya kegiatan mengajar online yang dilakukan saat ini dalam kondisi pandemi Covid19.” Oleh karena itu, Kepala SMP Negeri 42 Palembang dan para guru sangat antusias menyambut positif kegiatan pengabdian ini.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi pengenalan tentang Google Form, membuat soal ujian dengan Google Form dalam bentuk pilihan ganda, mengatur kunci jawaban dari soal ujian yang telah dibuat, pengaturan Google Form dalam mode quizzes (soal ujian), mempublikasi soal ujian, hingga menggunakan Google Spreadsheet untuk melakukan rekapitulasi nilai.

Dalam pelaksanaannya, pembuatan soal ujian online dengan Google Form ini cukup baru bagi sebagian besar guru yang menjadi peserta pelatihan. Sementara sebagian kecil lainnya sudah ada yang pernah menggunakan Google Form, namun tidak untuk pembuatan soal ujian, namun lebih kepada pembuatan formulir online untuk kegiatan kesiswaan. Kepala SMP Negeri 42 Palembang juga berharap agar setelah pelatihan ini, pelaksanaan ujian online dapat direalisasikan.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via