Pelatihan Sistem Automasi Perpustakaan Berbasis SLiMS (Senayan Library Management System) Versi 9 di Perpustakaan SMK Negeri 8 Palembang

Pada tanggal 18 Maret 2021 yang lalu, beberapa Dosen dan Mahasiswa STMIK Global Informatika MDP mendatangi Perpustakaan SMK Negeri 8 Palembang untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan terkait cara penggunaan Aplikasi SLiMS. Adapun dosen yang terlibat dalam pelatihan ini yakni Nur Rachmat selaku ketua Pengabdian, Desi Pibriana dan Mardiani. Sementara itu, mahasiswa yang ikut dilibatkan dalam pengabdian ini diantaranya Merlyn Zodya Sartika dan Theo Shandy Arista.

Acara pelatihan ini dihadiri pula oleh beberapa wakil kepala sekolak seperti Wakil Kepala sekolah Bidang Kurikulum, bidang Humas, Sarana dan Prasarana, serta para staff Tata Usaha, selain dari kepala dan staff perpustakaan SMK Negerai 8 Palembang.

Menurut Ibu Istiqomah, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan sudut pandang baru bagi Kepala dan Staff perpustakaan SMK Negeri 8 agar dapat beradaptassi dengan perubahan yang terjadi di Perpustakaan, khususnya pada masa pandemi ini dimana para siswa kesulitan mengakses perpustakaan untuk mendapatkan referensi akibat pembatasan jumlah pengunjung. Harapannya, Aplikasi SLiMS ini dapat segera digunakan agar kepala dan staff perpustakaan dapat lebih terbantu dalam mendata sirkuliasi buku yang ada di perpustakaan saat ini.

Adapun fitur-fitur yang dilatih pada pelatihan kali ini yakni bibliografi, keanggotaan serta sirkulasi, dimana bibliografi merupakan fitur yang digunakan untuk mendata buku-buku yang ada di perpustakaan, sementara keanggotaan digunakan untuk mendata anggota-anggota perpustakaan yang terdiri dari siswa dan guru. Sementara itu sirkulasi merupakan fitur yang bermanfaat bagi pengelola perpustakaan dalam proses peminjaman dan pengembalian buku.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via