Pelatihan Video Editing Bagi TAGANA Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan

Teknologi dan informasi dapat mengubah peradaban. Berkat teknologi dan informasi hampir  70% terhubung karena adanya teknologi (Yusman,2017) dan saling bertukar informasi. Hampir tidak ada peristiwa yang muncul dibelahan bumi nun jauh disana kita tidak mendengar ataupun menyaksikan, dalam hitungan singkat semua tersaji baik dalam bentuk teks, foto bahkan video yang bahkan dapat kita saksikan secara live. Itu adalah kekuatan teknologi dan informasi.

Untuk menjaga agar perubahan peradaban ini berlangsung dengan ‘adab’ maka sajian informasi yang akurat, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan adalah adalah keniscayaan dan juga sebagai bentuk perhargaan terhadap kebenaran dan keadilan.

Dalam manajemen penanggulangan bencana keberadaan informasi (teks,gambar dan video) menjadi elemen penting untuk mendukung pengambilan keputusan penaggulangan bencana baik pencegahan, pra maupun pasca terjadinya bencana. Sebagai sebuah elemen penting dalam penanggulangan bencana, informasi dalam bentuk video seyogyanya disajikan secara informatif, objektif dan berimbang sehingga tidak menimbulkan ‘bencana/masalah’ baru.

Informasi video seharusnya dapat menggambarkan perbuatan atau kejadian yang persesuainya dengan keadaan sebenarnya yang terjadi dan menjadi bukti petunjuk terhadap sebuah kejadian.

Atas dasar kebutuhan diatas tim dosen pengabdian kepada masyarakat STMIK GI MDP palembang terdiri dari Bpk Wijang Widhiarso, Bpk Daniel Udjulawa, Bpk Hafiz Irsyad, Bpk Abdul Rhman, Ibu Nyimas Artina, Ibu Lisa Amelia, Ibu Ery Hartati, Ibu Desy Iba Ricoida dan Ibu Mulyati melakukan pelatihan editing video dan gambar menggunakan aplikasi filmora dan Photoshop kepada Tagana(Taruna Siaga Bencana) yang berasal dari 17 kabupaten/kota wilayah propinsi sumatera selatan  yang di koodinasikan oleh dinas sosial propinsi Sumsel dengan tema ” penguatan informasi penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial”  agar kaidah-kaidah informasi yang baik dapat dicapai.

Pelatihan ini dilaksanakan pada Jum’at 19 Maret 2021 bertempat di hotel Fave Palembang diikuti oleh kurang lebih 40 peserta dengan para penyaji yang berpengalaman dan disampaikan secara santai, lugas dan mudah dipahami.

Antusiasme peserta sangat tinggi untuk terus belajar dan menyajikan hal yang terbaik. Bapak Ns. H. Darsono. R, S.kep., M.Kes selaku Kepala Seksi PSKBA Dinas Sosial Propinsi Sumatera Selatan dalam kata sambutannya menyambut baik kesediaan nara sumber dari Dosen-dosen STMIK GI MDP yang bersedia meluangkan waktu memberikan bekal pelatihan pada Tagana Dinas Sosial propinsi Sumatera Selatan dan berharap materi pelatihan yang diberikan dapat menambah pengetahuan kepada peserta dalam membuat dokumentasi dalam bentuk video. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat untuk semua pihak.

Terima kasih.

Tim pengabdian STMIK MDP Palembang.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via