Peningkatan Kapasitas Personel DITPOLAIRUD POLDA SUMSEL

Kunci keberhasilan pencapaian kinerja dalam sebuah organisasi atau kesatuan adalah adanya peningkatan kapasitas dan kemampuan personel atau karyawan yang terus berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk dapat terus beradaptasi terhadap perubahan yang semakin cepat dan dinamis.

Salah satu Direktorat yang ada di jajaran POLDA Sumatera Selatan adalah Direktorat Polisi Perairan dan Udara (POLAIRUD) yang mengawal wilayah teritorial Sumatera Selatan. Fungsi pokok jajaran ini adalah menyelenggarakan fungsi Kepolisian Perairan dan Kepolisian udara yang mencakup penegakan Hukum, Patroli fasilitas kendaraan,  perbaikan Kapal dan Pesawat Udara. Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, anggota POLAIRUD harus mengedepankan pendekatan humanis kepada masyarakat sebagai aparat yang mengayomi dan melayani masyarakat. Kondisi ini menuntut setiap personel memiliki kemampuan dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat dalam banyak hal.

Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota DITPOLAIRUD pada tanggal 8 Juni 2022 bekerjasama dengan Universitas MDP melaksanakan pelatihan pemanfaatan IT dalam menunjang tugas dan fungsi anggota dalam melayani masyarakat. Melalui dosen Universitas MDP para personel POLAIRUD diberikan pembekalan pembuatan media sosialisasi dan informasi dalam bentuk video dan poster kepada masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi Canva dan Photoshop. Pada kesempatan tersebut, Direktur POLAIRUD melalui Wakil Direktur POLAIRUD Polda SUMSEL Bapak AKBP Zahrul Bawadi, SH., MM mengungkapkan bahwa melalui media poster dan video informasi yang dibutuhkan masyarakat terkait dengan fungsi dan tugas serta kegiatan yang dilakukan oleh POLAIRUD dapat disampaikan kepada masyarakat dengan lebih menarik dan informatif. Hal ini didasarkan atas informasi dan sosialisasi akan lebih efektif jika dikemas dalam bentuk gambar atau poster serta video.

Pada pelatihan tersebut dosen Universitas MDP dalam penyampaian materi diwakili oleh Bapak Antonius Wahyu Sudrajat yang membawakan materi pembuatan video dengan menggunakan efek, Bapak Anugerah Widi menyampaikan materi penggunaan aplikasi photoshop dan Bapak Idham Cholid yang menyampaikan materi penggunaan Canva. Kegiatan ini di tutup dengan penilaian terhadap karya peserta pelatihan sebagai stimulus dan penghargaan atas kerja keras personel dalam membuat video atau gambar. Sebagai Perguruan tinggi yang terus berinovasi dan memberikan sumbangsih dalam pengembangan keilmuan dibidang teknologi dan ekonomi, kegiatan pelatihan seperti ini merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga wujud peran aktif civitas akademika dalam mengedukasi masyarakat khususnya dibidang teknologi

Leave a comment

id_IDBahasa Indonesia
Butuh bantuan? Chat via