Peningkatan Kapasitas SDM Staff Pegawai POLDA Sumatera Selatan

Sejak di dengungkan Reformasi POLRI, institusi ini terus melakukan pembenahan baik secara internal maupun secara eksternal. Pembenahan secara internal dilakukan dengan terus memperbaiki hal yang terkait sumber daya baik sumber daya manusia maupun peralatan. Sementara itu pada perbaikan secara eksternal, POLRI semakin memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan transparansi dan kecepatan respon terhadap pelayanan.

Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (POLDA SUMSEL) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari POLRI juga telah banyak melakukan reformasi / perubahan sesuai dengan tuntutan zaman dan masyarakat. POLDA SUMSEL telah melakukan peningkatan kapasitas SDM dengan memberikan pelatihan baik yang dilakukan secara mandiri maupun bekerjasama dengan institusi yang kompeten di bidangnya. Selain itu, pihak POLDA SUMSEL juga telah mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam menunjang aktfitas kegiatan sehari-hari.

Bertempat di Ruang Bidang Keuangan POLDA SUMSEL, pada hari Rabu 3 Maret 2021, pihak POLDA SUMSEL bekerjasama dengan Kampus MDP mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas staff khususnya bidang SDM, Dipilihkan bidang SDM sebagai salah satu unit yang mendapatkan peningkatan kapasitas SDM POLDA SUMSEL dikarenakan Bidang ini merupakan garda terdepan dalam pengelolaan sumber daya manusia. Sehingga dengan semakin meningkatnya kompetensi SDM pada unit ini akan berpengaruh pada unit-unit lainnya di POLDA SUMSEL.

Pada kesempatan ini, materi yang digunakan sebagai pelatihan adalah optimalisasi program Microsoft Excel dalam menunjang aktifitas kegiatan sehari-hari. Dipilihnya kampus MDP sebagai mitra dalam kegiatan ini bukan tanpa alasan, sebagaimana diketahui oleh banyak stakeholder, kampus yang terletak di Jalan Rajawali Nomor 14 Palembang ini terdepan dalam bidang IT dan Bisnis. Kampus yang saat ini menjadi terbaik ke 2 di Sumatera selatan versi Webometric tahun 2020 juga telah banyak berkiprah dalam peningkatan dan pengembangan kinerja berbasis IT. Disisi lain dipilihnya Mcrosift Excel sebagai materi pelatihan dikarenakan dalam aktifitas kegiatan sehari-hari unit SDM POLDA SUMSEL banyak berhubungan terkait dengan data-data SDM POLDA mulai dari penerimaan anggota POLRI sampai dengan masa pensiun anggota POLRI. Sehingga dengan menggunakan Microsoft Excel penyajian dan pengolahan data dapat dioptimalisasikan.

Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini antara lain fungsi matematika, fungsi logika, penyajian data (visualisasi data), tabel Pivot dan beberapa materi lainnya yang diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja staff POLRI bidang SDM. Selain itu, diperkenalkan juga program acak data yang diharapkan dapat digunakan untuk proses penentuan nomor urut pada saat seleksi calon anggota POLRI POLDA SUMSEL. Diharapkan dengan menggunakan program ini, maka rekrutmen anggota POLRI dapat lebih transfaran.

Dalam kesempatan ini juga, pihak POLDA SUMSEL menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang terjalin dengan Kampus MDP, dan diharapkan dikemudian hari pelatihan dan peningkatan kapasitas karyawan dapat terus dilakukan dengan kampus MDP. Sinergi dan kerjsama antara Kampus MDP dan POLDA SUMSEL sebenarnya telah banyak dilakukan, seperti kampus MDP pernah berkontribusi dalam penciptaan “Panic button” pada aplikasi POLISI WONG KITO. Selain itu Kampus MDP juga menjadi salah satu mitra yang dilibatkan dalam panitia seleksi anggota POLRI khususnya dibidang IT. Bagi civitas akademika kampus MDP sendiri kegiatan ini sebagai wujud tanggungjawab sosial dan berpartisipasi dalam peningkatan penguasaan IT bagi jajaran POLRI. Semoga dengan kerjasama ini, POLRI khususnya POLDA SUMSEL dapat terus meningkatkan kapasitas SDM nya dan menjadi pelopor dalam optimalisasi penggunaan IT dalam meningkatkan kinerjanya di jajaran Kepolisian Republik Indonesia.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via