Seru! Bikin Game Tanpa Coding

Kampus MDP kembali menunjukkan konsistensinya dalam dunia pendidikan melalui pengembangan kompetensi mahasiswa dan dosen. Kampus yang berjuluk kampus Inovasi ini mengahadirkan kegiatan workshop game yang bertajuk “Bikin Game Buatan Sendiri” yang dihadiri puluhan calon mahasiswa baru maupun mahasiswa lintas program studi (prodi) baik jurusan komputer ataupun ekonomi. Workshop game yang diadakan di aula kampus MDP ditujukan kepada mereka yang belum mengenal coding untuk menambah wawasan di bidang IT.

“Kegiatan ini memiliki pesan bahwa kita tidak hanya sebagai penikmat game saja, namun menambah wawasan bahwa ternyata game itu bisa kita ciptakan meskipun tak mengenal bahasa pemrograman atau coding” ujar Johannes Petrus, S.Kom., M.T.I selaku Ketua Kampus MDP sekaligus instruktur dalam workhop tersebut.

Pada workhsop yang diadakan Rabu (31/07) kemarin lebih menekankan pengenalan game 2 dimensi (2d) menggunakan aplikasi Gdevelop, yang merupakan aplikasi pembuatan game open source yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun. “Gdevelop merupakan aplikasi pembuatan game open source, tidak hanya gratis aplikasi ini memiliki user interface (UI) yang cukup menarik dan mudah digunakan baik oleh profesional maupun pemula sekalipun karena tidak perlu memahami coding”, mengutip penjelasan instruktur disela-sela perkenalan aplikasi Gdevelop.

“Ternyata bikin game itu seru dan mudah ya” cetus Cha-cha salah satu mahasiswi Prodi Manajemen yang kagum ternyata dia bisa membuat game tanpa perlu memahami bahasa pemrograman. Begitu juga dengan Qois Al Qorni, calon mahasiswa baru yang ikut workshop tersebut juga merasakan kegembiraannya setelah tahu bahwa dirinya bisa mengembangkan game tanpa harus paham coding. “Nanti saya akan kembangin game sesuai imajinasi saya, karena hari ini pengalaman berharga yang belum pernah saya dapat ketika di SMA, tanpa coding bisa membuat game yang sangat menarik seperti ini apalagi nanti saya akan belajar di jurusan Teknik Informatika tentunya akan membuat game menggunakan bahasa pemrograman yang bernilai jual tinggi” imbuh pemuda yang  semangatnya berkobar untuk menjadi seorang developer game.

Seperti yang dilansir di situs resmi mdp.ac.id bahwa Komitmen Kampus MDP yang ingin mewujudkan ahli bisnis berwawsan IT, ataupun ahli IT berwawasan bisnis, yang akan terus melakukan pengembangan potensi baik terhadap mahasiswa MDP atau sumber daya lainnya seperti dosen dan staf demi terwujud insan yang berdaya saing global.

 

Leave a comment

eight + three =

Butuh bantuan? Chat via