Tidak Hanya S1 Universitas MDP Juga Bimbing S3

Sejatinya peran pendidik dan tenaga kependidikan sangat berpengaruh terhadap perkbangan dan kemajuan bangsa. Tugas dan peran pendidik sangat berkaitan dan tak tidak dapat dipisahkan, tugas pendidik adalah membantu peserta didik agar mampu melakukan adaptasi terhadap diri dan berbagai tantangan kehidupannya, sedangkan peran pendidik adalah sebagai pemimpin dan pelaksana pendidikan dalam suatu masyarakat dan sekaligus sebagai anggota masyarakat

Khususnya Tenaga Pendidik atau Dosen dalam proses perkuliahan, dosen tidak hanya memiliki peran sebagai pengajar, tetapi juga perencana dan fasilitator. Sebagai seorang perencana, dosen berperan aktif merancang materi kuliah dan memberikan tugas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Seorang dosen haruslah memberikan tugas yang bisa membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah. Untuk itu, ada empat poin penting yang dipertimbangkan seorang dosen saat menentukan tugas untuk para mahasiswanya: tujuan instruksional, sistematika tugas, relevansi tugas, dan waktu penyelesaian tugas.

Salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah mencetak lulusan yang mampu mengaplikasikan keilmuannya agar memberikan manfaat bagi masyarakat. Untuk memenuhi tujuan tersebut, seorang dosen pun punya peran sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator, dosen akan menciptakan peluang dan memberikan sarana bagi para mahasiswanya untuk berpikir aktif dan kreatif dalam kerangka penyelesaian masalah di dunia nyata. Dosen bisa memberikan tugas berupa studi kasus atau tugas lapangan untuk memfasilitasi hal ini.

Menyikapi hal tersebut Universitas MDP juga turut membekali tenaga pendidik atau Dosen untuk melanjutkan pendidikan Doktoral atau S3. Salah satu upaya yang dilakukan Universitas MDP juga membuat agenda pertemuan Doktoral yang dilakukan rutin setiap minggunya guna membantu proses pendidikan Dosen yang sedang melanjutkan pendidikan.

Leave a comment

id_IDBahasa Indonesia
Butuh bantuan? Chat via