Workshop Business Plan di SMK Muhammadiyah 2 Plaju

STIE MDP terus berkomitmen untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan dengan mengadakan Workshop Business Plan. Pada hari Selasa, 20 Oktober 2015 bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Plaju kegiatan ini diikuti oleh 40 siswa yang terdiri dari jurusan Teknik Komputer Jaringan, Akuntansi, dan Manajemen dan perwakilan guru sekolah.

Pada pukul 09.00, Kegiatan dimulai dengan sambutan Kepala SMK Muhammadiyah 2 Plaju, Ibu Yulia Andriani, SE. Dalam sambutannya Ibu Yulia mengatakan selama ini sudah ada produk nyata yang dihasilkan oleh siswa dan guru di SMK Muhammadiyah 2, salah satunya adalah Kerupuk berbahan dasar ampas kelapa. Tetapi siswa dan guru belum memiliki pengetahuan yang baik bagaimana membuat dan menyusun business plan yang tepat dan sesuai dengan produk yang mereka buat.

Materi Business Plan dibawakan langsung oleh Bapak. Dr. Yulizar Kasih, SE, M.Si. Dalam materinya, Pak Yulizar mengatakan bahwa banyak hal yang yang harus diperhatikan dalam membuat business plan. Business plan biasanya dibuat untuk tujuan lomba, untuk memulai sebuah bisnis, atau untuk melakukan presentasi kepada investor agar mau menanamkan modalnya di bisnis kita. Khusus untuk siswa SMA/SMK, biasanya business plan dibuat untuk perlombaan maka yang harus diperhatikan adalah mempelajari formatnya dengan baik, belajar langsung dari pemenang tahun lalu, dan yang tidak kalah penting adalah pelajari juga cara penilaian jurinya.

Selama 2 jam pelatihan dilakukan, siswa dan guru sangat antusias menyimak materi yang diberikan oleh Pak Yulizar dan mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan.

Diharapkan dengan adanya Workshop Business Plan ini, siswa/siswi dapat memahami bagaimana menyusun rencana bisnis dimulai dari menangkap peluang pasar, produk inovatif, menetapkan harga, sampai dengan kelayakan dari segi keuangan.

 

Lihat : Galery Foto

Leave a comment

11 − 7 =

Butuh bantuan? Chat via