Workshop Pemanfaatan Aplikasi SLiMS untuk Perpustakaan UPT SMA Negeri 2 OKI

Kampus STMIK MDP Palembang bekerja sama dengan SMA Negeri 2 Kayuagung yang saat ini berubah nama menjadi UPT SMA Negeri 2 OKI mengadakan kegiatan workshop “Pemanfaatan Aplikasi SLiMS untuk Perpustakaan Sekolah” yang diadakan pada tanggal 1 April 2021 di Laboratorium Komputer sekolah. Kegiatan ini diikuti 4 orang staf perpustakaan dan beberapa guru. Kepala Perpustakaan Ibu Fitriani, S.Pd. sangat antusias mengikuti workshop ini, dan siap untuk menggunakan aplikasi ini untuk dapat memberikan kemudahan bagi siswa/siswi maupun guru untuk mengakses koleksi buku yang ada di perpustakaan.

Software SLiMS merupakan Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan otomasi perpustakaan (library automation) skala kecil sampai skala besar. Dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif berkembang, SLiMS cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi anggota dan staf banyak lingkungan jaringan baik itu jaringan local (intranet) maupun internet. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah multi platform artinya bisa berjalan secara natif disemua sistem operasi, yang bisa menjalankan bahasa pemprograman PHP dan RDBMS MySQL.

Sementara itu Kepala Sekolah Bapak Drs. Arminadi, M.M. menyampaikan bahwa sekolah telah menyiapkan infrastruktur yaitu: komputer, jaringan internet dan hosting untuk penggunaan aplikasi SLiMS ini dan terus akan meningkatkan pelayanan perpustakaan sekolah untuk menumbuhkan minat baca seluruh civitas sekolah. Pada workshop ini sebagai instruktur adalah tim dosen antara lain Bapak Nur Rachmat, M.Kom, Bapak Johannes Petrus, M.T.I dan Bapak Wahyu Sudrajat, M.T.I. Kampus MDP sangat mendukung kegiatan ini dan terbuka juga untuk memberikan workshop bagi sekolah-sekolah yang ingin juga menggunakan sistem ini. Kegiatan ini juga bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Leave a comment

five × 2 =

Butuh bantuan? Chat via