WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU

Dimasa pandemi permasalahan kegiatan belajar mengajar di sekolah saat ini menjadi perhatian bagi Kampus STMIK MDP Palembang. Menyikapi hal tersebut kampus STMIK MDP melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan workshop pembuatan media pembelajaran bagi guru-guru sekolah dasar (SD) yang ada di kecamatan Penengahan Lampung Selatan.

Kegiatan ini diadakan pada Hari Jumat, 13 November 2020 di Gedung SD N 1 Pasuruan Kecamatan Penengahan. Sebagai pemateri dalam workshop ini adalah Bapak Johannes Petrus, S. Kom., M.T.I selaku Ketua STMIK MDP.

Workshop ini disambut baik oleh banyak sekolah di Kecamatan Penengahan, hal ini terbukti peserta workshop diikuti dari beberapa sekolah diantaranya adalah SD N 1 Pasuruan, SD N 2 Pasuruan, SD N 3 Pasuruan, SD N 1 Kelaten, SD N Kampung Baru dan SD N Banjarmasin. Setiap sekolah mengutus dua atau tiga guru untuk mengikuti kegiatan workshop ini. Selain guru juga hadir tim pengawas sekolah untuk gugus Kecamatan Penengahan.

Adapun software yang digunakan dalam workshop pembuatan media pembelajaran adalah dengan menggunakan OBS Studio. OBS Studio adalah Open Broadcaster Software yang fungsinya adalaha untuk membuat recoarding video dan streaming video. Software ini merupakan software open source, artinya untuk penggunaannya tidak perlu membayar.

Dengan workshop ini diharapkan para peserta yaitu guru-guru Sekolah Dasar (SD) dilingkungan Kecamatan Penengahan dapat menggunakan dengan baik dalam media pembelajaran kepada siswa ditengah-tengah kondisi pandemi saat ini, sehinggaa siswa tetap dapat belajar dirumah dengan visualisasi yang baik, sehingga mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Lebih lanjut Kepada Sekolah SD N 1 Pasuruan Bapak Topan Haryono, S.Pd.,M.M sangat mengucapkan terima kasih kepada Kampus STMIK MDP yang telah berkenan memberikan workshop dan berharap akan ada sharing pengetahuan berikutnya bagi guru-guru dan tenaga pendidik

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via