WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU SMA N 2 KAYU AGUNG

Dalam rangka peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran Kampus STMIK GI MDP bekerja sama dengan SMA N 2 Kayu Agung mengadakan workshop pembuatan media pembelajaran digital bagi guru-guru dilingkungan sekolah SMA N 2 Kayu Agung. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa, tanggal 8 Desember 2020 bertempat di ruang pertemuan Sekolah. Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari guru dengan mata pelajara yang berbeda-beda.

Dalam sambutannya kepala sekolah SMA N 2 kayu Agung Bapak Drs Arminadi, MM sangat menyambut baik kegiatan ini dan berharap ada kegiatan-kegiatan berikutnya seperti pelatihan pembuatan presentasi, pelatihan penggunaan aplikasi SLIM untuk pengelolaan buku di perpustakaan sekolah dan lainnya. Selain itu juga Bapak Drs Arminadi, MM menghimbau kepada para peserta untuk dpat mengikuti workshop dengan baik sehingga dapat mengimplementasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Sebagai pemateri dalam workshop ini adalah Bapak Johannes Petrus, S. Kom.,M.T.I. selaku Ketua STMIK GI MDP Palembang dan dibantu oleh beberapa dosen. Turut juga dalam workshop tersebut mahasiswa yang juga merupakan alumni dari SMA N 2 Kayu Agung. Dalam pengantarnya Ketua STMIK GI MDP menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk peran dari kampus MDP dalam dunia Pendidikan diluar kampus, diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini para guru dapat membuat materi ajar menjadi lebih menarik sehingga siswa dapat memahami materi dengan lebih mudah dan antusias.

Adapun software yang digunakan dalam workshop pembuatan media pembelajaran digital ini adalah dengan menggunakan OBS Studio. OBS Studio adalah Open Broadcaster Software yang fungsinya adalah untuk membuat recoarding video dan streaming video. Software ini merupakan software open source, artinya untuk penggunaannya tidak perlu membayar.

Dengan keterbatasan tatap muka kepada siswa, maka guru diharapkan dapat memberikan visualisasi terhadap materi yang disampaikan dengan baik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pemanfaatan aplikasi OBS Studio yang memiliki kemampuan untuk menggabungkan antara materi presentasi dengan animasi, gambar yang menarik dan suara.

Leave a comment

Butuh bantuan? Chat via