Workshop Penggunaan Mendeley Untuk Melakukan Sitasi Pada Karya Ilmiah

Penulisan sitasi menjadi salah satu hal yang penting dalam penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI MDP) yang berkerja sama dengan Dosen STMIK Global Informatika MDP selaku instruktur dalam kegiatan “Workshop Penggunaan Mendeley Untuk Melakukan Sitasi Pada Karya Ilmiah” dan diselenggarakan pada tanggal 11 Maret 2020. 
HIMTI juga melakukan Technical Meeting sebelum pelaksanaan kegiatan guna mengarahkan kepada peserta mengenai perlengkapan yang harus disiapkan oleh peserta, seperti: Karya ilmiah yang akan di sitasi (Proposal Skripsi), membawa laptop masing-masing untuk instalasi aplikasi. 
 
Instruktur pada kegiatan Workshop yang mana sangat berperan penting dalam membimbing dan mengarahkan mahasiswa yang kesulitan dalam proses pelaksanaan kegiatan ini diantaranya: Bapak Yohannes, M.Kom, Ibu Siska Devella, M.Kom, Bapak M. Ezar Al Rivan, M.Kom
 
Pasti kalian masih bingung, apa itu Mendeley?
Mendeley sendiri adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengelola daftar pustaka, mencantumkan referensi dan memudahkan penyusunan format sitasi pada dokumen karya ilmiah. Dalam proses pelaksanaannya antusias  dan kesiapan peserta yang mengikuti Workshop ini cukup baik, dilihat dari ketepatan waktu peserta saat menghadiri kegiatan ini yang telah membawa laptop masing-masing sehingga dapat mengoptimalkan waktu pelaksanaan karena aplikasi Mendeley telah di instal pada saat peserta mengikuti Technical Meeting. Diharapkan kegiatan serupa maupun kegiatan yang masih berkaitan dengan ranah IT bisa terlaksana di kesempatan berikutnya. Mungkin lain waktu dosen-dosen juga bisa berkerja sama kembali dengan HIMTI untuk mengadakan pelatihan dan acara lainnya”, ujar Pak Yohannes,  M.Kom.
 
 “Pelaksanaan kegiatan Workshop ini berjalan dengan baik, harapan kedepannya semoga HIMTI dapat terus meningkatkan kinerja organisasi dan tetap mengadakan pelatihan yang serupa ataupun kegiatan lain yang lebih bermanfaat di setiap tahunnya untuk menunjang serta membantu mahasiswa yang akan/sedang menyusun dokumen skripsi”, ujar Ira Novia Amatullah selaku ketua pelaksana.
 

Leave a comment

17 − eleven =

Butuh bantuan? Chat via